Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sambal Bawang yang beraroma dan Bikin Nagih

Resep Sambal Bawang yang beraroma dan Bikin Nagih

Resep Sambal Bawang

Resep Sambal Bawang

Recipe By siti
Course: Sambal Bawang Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

50 kcal

INGREDIENTS

  1. 6 siung bawang putih (haluskan) 

  2. 10 bawang merah (cincang) 

  3. 7 buah cabai rawit merah

  4. 20 mililiter minyak

  5. garam

  6. gula

DIRECTION

  1. Tumbuk

    Tumbuk atau haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit secara kasar, lalu sisihkan[4]. 

  2. Panaskan

    Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan campuran sambal, tumis dengan api kecil hingga harum dan tercampur rata[4].

  3. Bumbui

    Bumbui saus dengan garam dan gula sesuai selera, sesuaikan rasa sesuai selera[1]. <br>Setelah saus matang dengan sempurna, Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu beraroma untuk menyempurnakan berbagai hidangan, menambahkan rasa pedas dan kedalaman rasa pada makanan Anda. 

NOTES

Pembuatan Resep Cabai Bawang

Untuk menyiapkan sambal bawang yang beraroma, Anda memerlukan beberapa bahan penting[1]. Bahan-bahan untuk resep lezat ini antara lain: 

  1. 6 siung bawang putih (haluskan) 
  2. 10 bawang merah (cincang) 
  3. 7 buah cabai rawit merah 
  4. 20 mililiter minyak 
  5. garam,
  6. gula

Langkah membuat Sambal Bawang : 

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah disiapkan, saatnya melanjutkan ke proses memasak[3]. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal bawang yang enak: 

  • Tumbuk atau haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit secara kasar, lalu sisihkan[4]. 
  • Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan campuran sambal, tumis dengan api kecil hingga harum dan tercampur rata[4].
  • Bumbui saus dengan garam dan gula sesuai selera, sesuaikan rasa sesuai selera[1]. 
  • Setelah saus matang dengan sempurna, Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu beraroma untuk menyempurnakan berbagai hidangan, menambahkan rasa pedas dan kedalaman rasa pada makanan Anda. 

Dengan mengikuti langkah-langkah memasak sederhana namun efektif ini, Anda bisa membuat sambal bawang lezat yang akan meningkatkan cita rasa masakan favorit Anda.

Baca Juga :  Resep coklat Rasanya ala Silverqueen, Cocok buat Hari Valentine

Saat menyajikan saus sambal bawang buatan sendiri, ada beberapa saran untuk memastikan kenikmatan yang optimal[3]. Pertimbangkan rekomendasi penyajian berikut: 

  • Taburkan saus di atas daging panggang, makanan laut, atau sayuran untuk menambah rasa pedas. 
  • Gunakan sausnya sebagai bumbu pencelup untuk camilan goreng, lumpia, atau pangsit. 
  • Gabungkan saus ke dalam tumisan, hidangan mie, atau sup untuk memberikan rasa yang kaya dan aromatik pada makanan Anda. 
  • Simpan sisa saus dalam wadah kedap udara di lemari es untuk digunakan di lain waktu, agar rasa dapat berkembang lebih jauh seiring berjalannya waktu. 

Dengan memasukkan saus sambal bawang serbaguna ini ke dalam repertoar kuliner Anda, Anda dapat menambahkan sentuhan panas dan kompleksitas pada berbagai macam hidangan, meningkatkan pengalaman bersantap Anda dengan profil rasa yang berani dan khas.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bawang yang Tepat** – Pilih jenis bawang yang sesuai untuk resep sambal Anda. Bawang kuning biasanya digunakan karena rasanya yang seimbang saat dikaramel, sedangkan bawang merah dapat menambahkan sentuhan yang lebih manis. Pertimbangkan profil rasa yang ingin Anda capai dan pilih bawang bombay yang sesuai.

**Mengkaramelkan Bawang dengan Benar** – Luangkan waktu Anda untuk mengaramelkan bawang bombay dengan benar untuk meningkatkan kedalaman rasa cabai Anda. Masak perlahan dengan api kecil, aduk sesekali hingga berwarna cokelat keemasan. Langkah ini dapat berdampak signifikan pada cita rasa hidangan secara keseluruhan.

**Menyeimbangkan Tingkat Rempah** – Sesuaikan jumlah cabai atau bumbu lainnya dalam resep Anda untuk mencapai tingkat kepedasan yang diinginkan. Cicipi sambil jalan dan tingkatkan tingkat kepedasan secara bertahap agar cabai tidak terlalu panas. Ingatlah bahwa Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak bumbu nanti, namun sulit untuk menguranginya setelah ditambahkan.

Baca Juga :  Membuat Sotong Cumi Hitam yang Mantap, Ini Resepnya

**Pelapisan Rasa** – Bangun lapisan rasa pada cabai Anda dengan menambahkan bahan-bahan pada berbagai tahap memasak. Misalnya, menumis bumbu dengan bawang bombay sebelum menambahkan bahan lain dapat membantu meningkatkan aroma dan rasanya. Pertimbangkan untuk memasukkan bahan-bahan seperti bawang putih, jintan, dan paprika secara strategis untuk profil rasa yang lebih kompleks.

**Mendidih untuk Kedalaman** – Biarkan cabai Anda mendidih dalam waktu lama untuk memperdalam rasa dan menyatukan bahan-bahannya. Proses memasak lambat ini membantu mengembangkan rasa yang kaya dan kuat. Usahakan untuk merebus cabai setidaknya selama 30 menit hingga satu jam, aduk sesekali agar tidak lengket dan memastikan matangnya merata.

FAQ

Q: Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat Resep Cabai Bawang? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Resep Cabai Bawang biasanya meliputi bawang bombay, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, garam, gula, minyak goreng, dan bahan tambahan sesuai selera seperti kecap manis atau saus tomat.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak Resep Cabai Bawang? A: Langkah-langkah pembuatan Resep Cabai Bawang umumnya meliputi menumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, kemudian masak cabai merah dan cabai rawit serta bumbu lainnya, lalu masak hingga matang dan tercampur rata.

Q: Apakah Resep Cabai Bawang pedas? A: Ya, Resep Cabai Bawang umumnya memiliki rasa pedas karena menggunakan cabai merah dan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Tingkat kepedasan dapat disesuaikan dengan jumlah dan jenis cabai yang digunakan.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam Resep Cabai Bawang? A: Tentu, Anda bisa menambahkan bahan lain sesuai selera Anda, seperti wortel, jamur, atau daging ayam/daging sapi cincang untuk variasi rasa dan tekstur.

Baca Juga :  Resep Gohyong Ayam Halal, Enak banget deh

Q: Bagaimana cara menyajikan Resep Cabai Bawang dengan cara yang menarik? A: Untuk penyajian yang menarik, Anda dapat menyajikan Resep Cabai Bawang dalam mangkuk atau piring saji, kemudian dihias dengan potongan daun seledri atau bawang merah iris tipis untuk memberikan sentuhan visual yang menarik. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi hangat sebagai pendamping.

1.   5 Resep Sambal Bawang Enak yang Tidak Langu.  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari www.fimela.com 

2.   Resep Sambal Bawang oleh Dapur SiLvi.  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari cookpad.com/id/resep/17167457-sambal-bawang 

3.   Resep Mudah Membuat Sambal Bawang – Sambel Bangjo.  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari sibakuljogja.jogjaprov.go.id 

4.   Resep Sambal Bawang yang Sederhana, Cocok Buat ….  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info