Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Som Tum, terkenal dengan rasa segar dan pedasnya

Resep Som Tum, terkenal dengan rasa segar dan pedasnya

Som Tum

Resep Som Tum, terkenal dengan rasa segar dan pedasnya

Recipe By siti
Course: Som Tum Cusine:thailand Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. mentimun

  2. tomat cherry

  3. kacang panjang

  4. wortel

  5. cabai rawit

  6. bawang putih

  7. gula

  8. garam

  9. cuka

  10. kecap ikan

  11. kacang tanah sangrai

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan dan memotongnya sesuai dengan selera

  2. Langkah 2

    Setelah itu, campurkan bahan-bahan tersebut dalam sebuah mangkuk besar dan tambahkan saus bumbu yang telah Anda buat sebelumnya

  3. Langkah 3

    Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan merata dan saus meresap ke dalam sayuran

  4. Langkah 4

    Setelah itu, hidangkan Som Tum dalam piring saji dan taburi dengan kacang tanah sangrai sebagai hiasan

NOTES

    Untuk mendapatkan Som Tum yang lezat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan untuk menggunakan cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Kedua, jangan lupa untuk mencicipi masakan Anda saat sedang memasak agar Anda bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera. Terakhir, simpan Som Tum dalam lemari es sebentar sebelum disajikan untuk membuat hidangan menjadi lebih segar.

Som Tum adalah salah satu hidangan khas dari Thailand yang sangat terkenal dengan rasa segar dan pedasnya. Hidangan ini terbuat dari irisan mentimun, tomat cherry, kacang panjang, wortel, dan cabai rawit yang disajikan dengan saus bumbu khas Thailand yang terbuat dari perpaduan gula, garam, cuka, dan kecap ikan. Som Tum biasanya disantap sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai hidangan pembuka sebelum makan utama. Kombinasi rasa asam, pedas, manis, dan gurih dalam hidangan ini membuat Som Tum menjadi favorit banyak orang.

Baca Juga :  Resep Dolsot Bibimbap

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Som Tum, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti mentimun, tomat cherry, kacang panjang, wortel, cabai rawit, bawang putih, gula, garam, cuka, kecap ikan, dan juga kacang tanah sangrai. Bahan-bahan ini mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional maupun supermarket. Pastikan untuk memilih bahan yang segar dan berkualitas agar hasil masakan Anda lebih lezat.

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan dan memotongnya sesuai dengan selera. Setelah itu, campurkan bahan-bahan tersebut dalam sebuah mangkuk besar dan tambahkan saus bumbu yang telah Anda buat sebelumnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan merata dan saus meresap ke dalam sayuran. Setelah itu, hidangkan Som Tum dalam piring saji dan taburi dengan kacang tanah sangrai sebagai hiasan.

Tips Membuat Som Tum Yang Lezat

Untuk mendapatkan Som Tum yang lezat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan untuk menggunakan cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Kedua, jangan lupa untuk mencicipi masakan Anda saat sedang memasak agar Anda bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera. Terakhir, simpan Som Tum dalam lemari es sebentar sebelum disajikan untuk membuat hidangan menjadi lebih segar.

Baca Juga :  Resep Ayam Katsu Saus Teriyaki Dan Ayam Katsu Sederhana

Manfaat Mengkonsumsi Som Tum

Som Tum tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Sayuran yang digunakan dalam Som Tum kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, cabai rawit yang digunakan dalam hidangan ini juga mengandung senyawa capsaicin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi Som Tum secara teratur, Anda tidak hanya bisa menikmati kenikmatan rasanya, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan yang baik.

Kesimpulan

Som Tum merupakan hidangan khas Thailand yang memiliki rasa segar, pedas, dan gurih. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, Anda dapat mencoba membuat masakan ini di rumah. Jangan ragu untuk menyesuaikan bumbu dan sayuran sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan menikmati Som Tum yang lezat!

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah Som Tum bisa disimpan dalam lemari es? Ya, Anda bisa menyimpan Som Tum dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya. Namun, sebaiknya konsumsi dalam waktu 1-2 hari untuk hasil terbaik.

Bagaimana cara membuat saus bumbu Som Tum? Untuk membuat saus bumbu Som Tum, campurkan gula, garam, cuka, dan kecap ikan dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk hingga gula dan garam larut sempurna.

Baca Juga :  Makanan Khas Banjar, Ikan Patin Baubar Patut Dicoba

Apakah Som Tum hanya cocok sebagai lauk pendamping nasi? Meskipun Som Tum sering disantap sebagai lauk pendamping nasi, Anda juga bisa menyantapnya sebagai hidangan utama atau sebagai salad segar.

Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam Som Tum? Tentu saja! Anda bisa menambahkan bahan lain seperti udang, ikan, atau daging ayam sebagai variasi dalam pembuatan Som Tum. Selamat bereksperimen!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info