Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kwetiau Goreng, terkenal dengan rasa gurih dan lezatnya

Resep Kwetiau Goreng, terkenal dengan rasa gurih dan lezatnya

resep kwetiau goreng (1)

Resep Kwetiau Goreng

Recipe By siti
Course: resep kwetiau goreng Cusine:china Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

40 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

400 kcal

INGREDIENTS

  1. kwetiau

  2. telur

  3. udang

  4. daging ayam atau daging sapi

  5. tauge

  6. bawang putih

  7. bawang merah

  8. saus tiram

  9. kecap manis

  10. garam

  11. gula

  12. merica

  13. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat kwetiau goreng adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan

  2. Langkah 2

    Hal ini penting agar proses memasak menjadi lebih mudah dan lancar. Setelah itu, panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum

  3. Langkah 3

    Masukkan telur dan aduk hingga telur matang

  4. Langkah 4

    Selanjutnya, masukkan daging ayam atau daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil dan udang

  5. Langkah 5

    Aduk rata hingga daging dan udang matang

  6. Langkah 6

    Setelah daging dan udang matang, masukkan tauge dan aduk hingga semua bahan tercampur merata

  7. Langkah 7

    Tambahkan kwetiau ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan lain

  8. Langkah 8

    Tuangkan saus tiram, kecap manis, garam, gula, dan merica ke dalam wajan

  9. Langkah 9

    Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan matang

  10. Langkah 10

    Tes rasa kwetiau goreng yang Anda buat, tambahkan bumbu sesuai dengan selera Anda

  11. Langkah 11

    Setelah rasa sesuai, angkat kwetiau goreng dari wajan dan sajikan selagi hangat

NOTES

    Untuk menghasilkan kwetiau goreng yang lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Pertama, pastikan kwetiau yang digunakan tidak overcooked agar teksturnya tetap kenyal dan enak. Kedua, gunakan api sedang saat memasak kwetiau goreng agar bahan-bahan tidak gosong dan hasilnya lebih merata. Ketiga, jangan lupa untuk mencicipi rasa kwetiau goreng yang Anda buat dan sesuaikan bumbu jika diperlukan. Terakhir, tambahkan topping seperti bawang goreng, irisan cabe rawit, dan seledri untuk menambah cita rasa kwetiau goreng Anda.

Baca Juga :  Resep Halua Khas Sumatera Utara, Manisan Asal Langkat yang Menemani Momen Ramadan dan Lebaran

Kwetiau goreng merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini terkenal dengan rasa gurih dan lezatnya, serta tekstur kwetiau yang kenyal. Kwetiau goreng bisa ditemukan di berbagai tempat, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membuat kwetiau goreng yang lezat di rumah? Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan mengikuti resep yang tepat, Anda bisa menikmati kwetiau goreng ala restoran di rumah Anda sendiri.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kwetiau goreng yang lezat, Anda membutuhkan beberapa bahan utama, di antaranya adalah kwetiau, telur, udang, daging ayam atau daging sapi, tauge, bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap manis, garam, gula, merica, minyak goreng, dan bumbu lain sesuai dengan selera Anda. Pastikan bahan-bahan yang Anda gunakan segar dan berkualitas untuk menghasilkan kwetiau goreng yang enak dan lezat. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti bakso, sayuran, atau seafood sesuai dengan selera dan preferensi Anda.

Langkah-Langkah Pembuatan Kwetiau Goreng

Langkah pertama dalam membuat kwetiau goreng adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Hal ini penting agar proses memasak menjadi lebih mudah dan lancar. Setelah itu, panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan telur dan aduk hingga telur matang. Selanjutnya, masukkan daging ayam atau daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil dan udang. Aduk rata hingga daging dan udang matang.

Setelah daging dan udang matang, masukkan tauge dan aduk hingga semua bahan tercampur merata. Tambahkan kwetiau ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan lain. Tuangkan saus tiram, kecap manis, garam, gula, dan merica ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan matang. Tes rasa kwetiau goreng yang Anda buat, tambahkan bumbu sesuai dengan selera Anda. Setelah rasa sesuai, angkat kwetiau goreng dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Adas Manis

Tips Membuat Kwetiau Goreng yang Lezat

Untuk menghasilkan kwetiau goreng yang lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Pertama, pastikan kwetiau yang digunakan tidak overcooked agar teksturnya tetap kenyal dan enak. Kedua, gunakan api sedang saat memasak kwetiau goreng agar bahan-bahan tidak gosong dan hasilnya lebih merata. Ketiga, jangan lupa untuk mencicipi rasa kwetiau goreng yang Anda buat dan sesuaikan bumbu jika diperlukan. Terakhir, tambahkan topping seperti bawang goreng, irisan cabe rawit, dan seledri untuk menambah cita rasa kwetiau goreng Anda.

Variasi Kwetiau Goreng yang Bisa Anda Coba

Selain kwetiau goreng biasa, Anda juga bisa mencoba variasi kwetiau goreng lain yang tidak kalah lezatnya. Misalnya kwetiau goreng seafood, kwetiau goreng pedas, kwetiau goreng special, atau kwetiau goreng ala Thailand. Anda bisa menambahkan berbagai jenis seafood seperti cumi, kerang, atau kepiting untuk kwetiau goreng seafood. Untuk kwetiau goreng pedas, tambahkan cabai atau saus sambal sesuai dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Kwetiau goreng special bisa ditambahkan dengan telur pitan atau daging sapi wagyu untuk rasa yang lebih mewah.

Kwetiau Goreng, Hidangan Lezat yang Selalu Dicari

Kwetiau goreng merupakan hidangan yang selalu dicari dan disukai oleh banyak orang. Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal, serta bumbu yang meresap sempurna membuat kwetiau goreng menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan sehari-hari atau acara spesial. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda bisa membuat kwetiau goreng yang lezat dan enak di rumah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bahan dan bumbu untuk menciptakan variasi kwetiau goreng yang baru dan unik sesuai dengan selera Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)
1. Apakah saya bisa menggunakan kwetiau kering untuk membuat kwetiau goreng?

Ya, Anda bisa menggunakan kwetiau kering untuk membuat kwetiau goreng. Namun, sebaiknya rendam kwetiau kering dalam air hangat terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lebih lembut sebelum dimasak.

  1. Bisakah saya menggunakan sayuran lain selain tauge untuk kwetiau goreng?
Baca Juga :  Resep Tekwan Palembang yang Menggugah Selera

Tentu saja! Anda bisa menggunakan berbagai jenis sayuran seperti wortel, kubis, paprika, atau jamur sebagai tambahan sayuran dalam kwetiau goreng Anda.

  1. Berapa lama kwetiau goreng bisa disimpan?

Kwetiau goreng sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari setelah dimasak. Simpan kwetiau goreng dalam wadah kedap udara di dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya.

  1. Bolehkah saya menggunakan bumbu instan untuk membuat kwetiau goreng?

Meskipun bisa, sebaiknya gunakan bumbu-bumbu alami dan segar untuk mendapatkan rasa yang lebih autentik dan lezat pada kwetiau goreng Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info