Kamis, 29 Oktober 2020

Resep Kering Tempe Pedas Manis serta Tahan Lama

Resep Kering Tempe



Kering tempe memang menjadi sajian penyanding makanan yang menambah selera. Olahan satu ini memang seringkali kita jumpai di makanan nasi campur atau makanan di acara selamatan.

Kering tempe sendiri juga bisa menjadi alternatif lauk jika kalian malas masak makanan yang susah. Kering tempe memiliki rasa yang manis, gurih dan enak pastinya. Selain itu kering tempe juga bisa bertahan cukup lama jika kita menyimpannya dengan benar atau di wadah yang kedap udara.

Nah, jika mama tertarik ingin membuat kering tempe yang enak dirumah aja.Tentu saja sangat bisa dan sangat mudah kok, cukup beberapa bahan saja. Kalian sudah bisa membuat kering tempe yang enak banget.

Bahan-bahan yang diperlukan

  1. 2 papan tempe (300 gram), iris tipis
  2. 4 siung bawang merah, iris
  3. 3 siung bawang putih, iris
  4. 2 buah cabai merah, iris
  5. 3 cm lengkuas, geprek
  6. 1 lembar daun salam
  7. 1 batang serai, geprek
  8. 75 gram gula pasir
  9. 1 butir asam jawa matang
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh merica
  12. Garam secukupnya
  13. 50 ml air 

Setelah bahan diatas sudah kalian siapkan. sekarang saatnya membuat kering tempe yang enak banget ala mama dirumah aja.

Cara membuat kering tempe :

  1. Siapkan panci penggorengan dan goreng tempe yang sudah kalian iris tipis tadi dengan api sedang. Goreng sampai kering dan bewarna kecoklatan. Kemudian tiriskan.
  2. Siapkan lagi penggorengan yang anti lengket. tumis beberapa bahan seperti bawang putih, bawang merah. Tumis sampai harum. setelah itu baru masukan beberapa bahan lain seperti air, cabai merah iris, asam jawa, lengkuas, serai, dan daun salam. tumis lagi sampai harum.
  3. Setelah harum, masukan gula sedikit demi sedikit dan masak sampai mencair hingga berbentuk karamel, tambahkan garam secukupnya dan koreksi rasa. Mana yang kurang bisa kalian tambahkan.
  4. Pastikan penambahan gula hingga menjadi karamel harus pas ya. karena kalau tidak atau gula masih mencair, maka kering tempe akan menjadi melempem dan tidak tahan lama.
  5. setelah itu baru masukan tempe yang tadi kalian goreng, dan aduk-aduk hingga tercampur merata.
  6. Jadi deh, kering tempe yang mantab banget ini. selamat mencoba dan menikmati ya moms.

Tips Tempe Kering yang Enak :

  1. Usahakan membuat karamel gula yang kalian masak tidak terlalu mencair, karena itu akan membuat tempe menjadi melempem dan tidak akan bertahan lama.
  2. Jika kalian ingin mendapatkan rasa kering tempe yang enak, bisa kalian tambahkan campuran daun jeruk. Jangan mengurangi garam, karena itu akan berdampak pada rasa kering tempe yang kurang seimbang.
  3. Jika ingin kering tempe tahan lebih lama. mama bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara. atau bisa juga disimpan di suhu yang sejuk seperti kulkas.
  4. Sebagai optional, mama bisa menambahkan tering goreng atau kacang goreng di langkah nomor 5


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments