Rabu, 28 Oktober 2020

Resep Kuah Beulangong khas Aceh yang Kaya Rempah

Resep Kuah Beulangong



Maulid Nabi sebentar lagi tiba ya moms, tepatnya akan jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020. Nah apa sih pengertian dari Maulid Nabi ?? Seperti yang sudah dijelaskan di wikipedia bahwa Maulid Nabi Muhammad ﷺ kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja, adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad ﷺ, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir.

Maulid nabi sendiri biasanya dilaksanakan dengan acara syukuran dan doa bersama dengan warga sekitar. Setelah itu dilanjut dengan acara makan bersama untuk menikmati rasa kebersamaan dan rasa syukur kita atas semua kebaikan yang diajarkan Nabi Muhammad kepada kita.

Acara makan bersama disaat seperti ini biasanya disajikan dengan menu tumpeng ataupun Kuah Beulangong yang sangat khas disajikan di Aceh. Apa itu Kuah Beulangong ? Bagi kalian yang bukan warga Aceh pasti tidak paham dengan makanan satu ini.

Kuah Beulangong adalah sejenis makanan yang mirip kari dengan sajian utamanya di dalamnya adalah daging ( bisa daging sapi atau daging kambing ), kemudian dicampur dengan rempah-rempah yang sangat menggoyang lidah.

Bahkan kala itu Presiden Joko Widodo juga tertarik untuk mencoba makanan khas Aceh ini. Kuah Beulangong memiliki rempah yang begitu enak seperti cabai kering, kelapa gongseng, kayu manis dan berbagai campuran bahan lain.

Nah, bagi kalian yang tertarik dengan sajikan makanan Kuah Beulangong satu ini. Memang membuatnya sedikit susah ya moms. proses memasaknya saja membutuhkan waktu berjam-jam. dan biasanya dalam satu kali masak bisa untuk 200 porsi ya moms. Waw banget kan.

Kuah Beulangong memang dijadikan sajian makanan untuk acara resmi seperti hajatan, atau acara kebudayaan daerah lainnya.

Oke deh, tanpa berlama-lama. Yuk kita coba membuat Kuah Beulangong yang sangat enak ini.

Bahan-bahan :

  1. 1 kg daging sapi/kambing
  2. 1 liter santan kelapa
  3. 4 batang serai, memarkan
  4. 5 lembar daun salam
  5. Nangka atau Pisang Kepok

Bumbu Halus :

  1. 20 buah cabai kering (rawit)
  2. 15 buah cabai merah
  3. 8 buah bawang merah
  4. 5 buah bawang putih
  5. 2 sendok teh lada hitam
  6. 3 sendok teh ketumbar, sangrai
  7. 4 sendok jintan
  8. 6 butir cengkeh, sangrai
  9. 4 cm kayu manis
  10. 8 butir kemiri
  11. 2 butir kapulaga
  12. 4 cm jahe
  13. 4 cm kunyit
  14. Garam secukupnya
 

Cara Memasak Kuah Beulangong

  1. Untuk membuat Kuah Beulangong yang enak, ada step stepnya yang harus kalian lakukan seperti menyiapkan beberapa bumbu halusnya, kemudian giling. Kalian bisa menggunakan jasa penggilingan atau kalau punya food processor dirumah juga tidak masalah.
  2. Siapkan daging yang akan kalian masak, bisa menggunakan daging sapi atau daging kambing. Cuci bersih daging dan potong kecil-kecil.
  3. Siapkan panci dan masukan bumbu giling tadi,santan, serai, daun salam, air secukupnya dan potongan daging. masak menggunakan api sedang, dan aduk-aduk terus menerus. Beri garam secukupnya kemudian koreksi rasa.
  4. Setelah masakan Kuah Beulangong terlihat setengah matang, masukan potongan nangka beserta bawang yang sudah dipotong. Tambahkan air asam dan air. masak lagi hingga matang.
  5. Aduk-aduk terus masakannya agar bumbu meresap sempurna. Teknik mengaduk orang aceh untuk memasak Kuah Beulangong adalah dari bawah ke atas atau atas ke bawah.
  6. Jadi deh Kuah Beulangong. Selamat mencoba dan menikmati ya moms.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments