Senin, 16 November 2020

Resep Kue Lapis Yang Mudah Dibuat Dan Enak

Resep Yang Mudah Dan Enak Untuk Kue Lapis


Resep Kue lapis itu dapat mudah untuk dibuat. Kue ini merupakan jajanan tradisional di Indonesia yang mempunyai bentuk cantik juga menarik dengan banyak lapisan warna warni. Kue lapis itu dibuat menggunakan bahan yang paling utama tepung beras atau dengan tepung kanji. Namun kue lapis juga dapat dibuat menggunakan tepung terigu.

Jika menggunakan tepung terigu kue lapis ini juga memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan kue lapis lainnya. Kue lapis ini mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya manis, juga legit yang membuat kue ini digemari banyak orang di semua kalangan. Resep kue lapis dengan tepung ini  bisa dipraktekan di rumah saat waktu santai. Kue lapis yang enak juga cocok untuk menjadi cemilan pada saat bersama keluarga tercinta.

Dengan dilengkapi kue ini bersama keluarga akan menjadi acara anda lebih nyaman. Bagi anda yang mau membuat kue lapis tepung terigu di rumah, agar memudahkan anda saat membuatnya, anda dapat melihat resep serta panduan membuatnya seperti dibawah ini. 

Resep Kue Lapis Yang Harus Dipersiapkan

  1. 600 gram tepung terigu atau tepung beras (pilih salah satu)
  2. 1.800 ml santan
  3. 350 gram gula pasir
  4. 2 ½  sendok makan coklat bubuk 
  5. Garam jangan terlalu banyak
  6. 60 ml air daun suji

Langkah Membuat Adonan Kue Lapisnya:

  1. Langkah pertama adalah apabila semua bahan bahan yang diperlukan sudah ada yakni mencampur  bahan seperti tepung terigu, garam juga gula pasir.
  2. Campurkan hingga merata. Kemudian ambil santan yang telah disiapkan setelah itu tuangkan kedalam campuran bahan-bahan yang dibuat secara perlahan-lahan jangan lupa sambil diaduk supaya bahan-bahannya merata.
  3. Apabila sudah semuanya, bagi adonannya menjadi 3 bagian di wadah yang berbeda. Pada adonan yang pertama ditambah warna coklat bisa juga coklat bubuk yang sudah dicairkan terlebih dahulu.
  4. Kemudian aduk hingga tercampur. Tambah dengan air daun suji untuk adonan yang satunya. Aduk hingga semua rata. Pada bagian adonan yang masih ada sisa biarkan warnanya putih.

Langkah membuat kue lapisnya setelah adonan adalah :

  1. Pertama Siapkan loyang yang mau dipakai untuk mengukus kue lapis. kemudian oles loyang dengan  memakai minyak lalu alasi memakai kertas roti. 
  2. Apabila sudah, baru ambil adonan putih kemudian tuangkan adonan yang tadi di dalam loyang pada lapisan yang pertama. Kemudian kukus adonan sampai setengah matang. 
  3. Jika sudah setengah matang, kembali berikan adonan yang warna nya hijau untuk lapisan yang kedua. 
  4. kemudian kukus kembali hingga setengah matang seperti tadi. Langkah berikutnya, berikan adonan warna coklat setelah itu kembali dikukus hingga setengah matang.
  5. Kembali dengan langkah yang sama memberikan adonan bergantian lapis demi lapis sampai adonan sudah habis. Jika sudah habis baru kukus hingga matang. Apabila kue telah matang, anda dapat mengangkat kemudian dinginkannya lebih dulu. 
  6. Jika sudah dingin potong kue lapis dan hidangkan pada piring saji yang sudah disiapkan.
 
Sumber referensi:
 
 

Disqus Comments