Skip to main content

Resep Membuat Es Selendang Mayang

Anaya Lariencia

Bagaimana Cara Membuat Es Selendang Mayang

Bagaimana cara membuat es Selendang mayang? Es ini merupakan es tradisional yang asalnya adalah dari Betawi atau Jakarta. Kuliner berwarna terang ini mempunyai beberapa jenis warna merah, putih, dari tahun 1940. Masyarakat Betawi menyiapkan es selendang mayang biasanya akan ada perayaan khas Betawi. 

Dapat juga saat menjamu tamu pada pesta perkawinan atau lainnya. Isian dari es selendang mayang ini merupakan es dicampur dengan kue kenyal. Kue kenyal nya sendiri dibuat memakai tepung beras, santan cair, es batu, juga sirup merah, bisa juga gula merah cair. Rasa es selendang Mayang ini manis dan membuat tenggorokan segar.

Resep Membuat Es Selendang Mayang

Mengapa namanya es selendang mayang? Ungkapan selendang sebab warna kue yang dibuat selendang mayang warnanya bermacam-macam seperti warna selendang. Jadi nama mayang memiliki arti manis serta kenyal. Berikut dibawah ini adalah resep membuat es selendang mayang.

Bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu yakni:

  1. 760 ml air
  2. 60 gr tepung sagu aren
  3. 60 gr hunkwe
  4. 2 sdm tepung beras
  5. 2 lembar daun pandan ikat
  6. 1/2 sdt garam
  7. 125 gr gula pasir
  8. 1/2 sdt pewarna makanan merah muda dan hijau.

Untuk bahan kuahnya adalah:

  1. Santan sebanyak 760 ml dari 1 butir kelapa, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, lalu 3 lembar daun pandan.
  2. gula 350 gr gula merah sisir halus, 1/4 sdt garam, kemudian 300 ml air.

Proses Membuat Es Selendang Mayang:

  1. Campur 260 ml air bersamaan dengan tepung sagu, hunkwe, tepung beras. Sisihkan. Jika sudah masak hingga mendidih pada sisa air daun pandan, garam dan gula pasir sampai larut. Lalu angkat setelah itu saring. Masak lagi campuran air serta daun pandan pada yang api kecil.
  2. berikan adonan tepung ke dalam air, campurkan cepat sampai merata. Kemudian masak hingga mendidih dan angkat. Tuang adonan pada cetakan loyang, ratakan. Beri warna, ratakan menggunakan kuas sampai semua permukaan berwarna merah dan hijau. Diamkan agar dingin juga mengeras.
  3. Masak Santan sebanyak 760 ml, garam, gula, daun pandan menggunakan api sedang hingga mendidih. Aduk supaya santannya tidak pecah. Angkat kemudian sisihkan. Rebus lagi gula merah, air, garam menggunakan api kecil sampai gula larut serta mendidih. Jika sudah kecilkan api, dan masak hingga gula mengental. Angkat diamkan hingga dingin.
  4. beberapa bagian kecil selendang mayang. Letakkan ke dalam mangkuk seperti gelas saji. Siram santan juga sirup gula di bagian atasnya. Tambah es batu bisa juga es serut tergantung selera anda, siapkan saat dingin supaya lebih menyegarkan.


Sumber referensi : food.detik.com

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar