Cara Membuat Roti Jabrik, Begini Resepnya

Cara Membuat Roti Jabrik

Zaman sekarang banyak sekali jenis makanan yang ada dan rasa yang enak membuat banyak orang penasaran ingin mencobanya. Salah satu makanan yang sedang viral saat ini adalah roti Jabrik. 

Biasanya dapat dikatakan roti goreng yang diisi cream dan diberi topping keju yang banyak. Namun jika anda ingin membuat roti Jabrik di rumah atau buatan tangan sendiri, berikut adalah cara membuat roti Jabrik.

Resep Membuat Roti Jabrik

Bahan yang harus disiapkan adalah:

  1. 30 sendok makan terigu protein tinggi
  2. 4 sendok makan gula pasir
  3. 1 telur ayam
  4. 2 sendok teh ragi
  5. 110 air yang sudah hangat dengan ukuran cukup sejumput garam

Untuk Topping:

  1. keju cheddar, yang di parut secukupnya

Kemudian untuk Isian krim roti:

  1. 3 kotak keju cheddar soft, parut
  2. 260 ml susu full cream

Langkah untuk membuat:

  1. Cairkan gula pasir pada satu gelas kecil air hangat. Lalu tuang ragi kemudian larutkan
  2. Masukkan terigu juga garam. Tambah air ragi, jika sudah masukkan telur ayam yang telah anda kocok, setelah itu aduk adonan. Tambah perlahan-lahan air hangat. Buat adonan sampai ulen dan tidak lengket. Selama 1 jam biarkan adonan didiamkan supaya mengembang, jangan lupa untuk menutup adonan memakai kain.
  3. Kemudian isian krim yang dipakai, keju soft dipanaskan bersama susu, campurkan dengan merata sampai kental. Angkat biarkan hingga dingin. Pastikan tekstur jangan terlalu cair.
  4. Apabila adonan rotinya telah mengembang, uleni kembali beberapa menit, setelah itu bagi untuk menjadi beberapa potongan. Lalu jika sudah tutup kembali menggunakan kain maupun plastik supaya adonan tidak kering.
  5. Setelah itu bulatkan lalu pipihkan pada adonan tersebut, isi adonan dengan krim. Bungkus lalu bulatkan adonan supaya isi tidak bocor. Lakukan sampai adonannya sudah habis. Diamkan kembali adonannya selama 30 menit.
  6. Lalu Panaskan minyak, goreng menggunakan minyak panas dengan api kecil. Membalik adonan sekali saat telah matang. Tujuan agar tidak menyerap minyak terlalu banyak.
  7. Kemudian Oles kembali menggunakan sisa krim, kemudian celup ke keju parut sampai jabrik. Terus Lakukan sampai roti habis.
  8. Setelah habis, roti jabrik sudah siap dihidangkan serta dinikmati dengan krim didalamnya yang lembut. 
  9. Demikian cara mengolah dan membuat roti jabrik buatan rumah. Selamat mencoba.



Sumber referensi : m.fimela.com

Langganan Surel
Langganan