Skip to main content

Buat Nasi Kuning Enak dengan Cara Praktis

Tina Farida

Nasi Kuning Praktis


Nasi kuning merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia. Makanan jenis ini cukup populer dikalangan masyarakat, dimana nasi kuning biasanya digunakan untuk mengadakan sebuah acara seperti acara ulang tahun, pernikahan dan acara - acara lainnya.

Tidak heran jika nasi kuning juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain memiliki rasa enak dan nikmat, nasi kuning juga terkesan di acara penting. 


Pembuatan nasi kuning terbuat dari beras putih dan bahan rempah - rempah seperti kunyit, santan, dll.

Dengan menggunakan santan, nasi kuning dapat menciptakan rasa nikmat dan gurih. Sedangkan bahan lainnya yang perlu disiapkan untuk membuat nasi kuning adalah, sebagai berikut :

Bahan:

  1. Siapkan beras secukupnya
  2. Siapkan kunyit, lengkuas, daun pandan, serai, daun salam dan jangan lupa santan
  3. Bahan lainnya adalah bawang merah, jahe, dan garam

Bagaimana Cara Membuat Nasi Kuning dengan Cara Praktis?

  1. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci beras dan jangan lupa rendam dalam air.
  2. Kedua, haluskan beberapa bahan seperti jahe, kunyit, lengkuas, garam, dan bawang merah.  Kemudian masukkan ke dalam santan dan aduk secara merata.
  3. Setelah itu, masak santan hingga mendidih.
  4. Setelah itu, buang air rendaman dan tuangkan santan ke dalam nasi sambil disaring. Jangan lupa masukkan daun salam dan serai.
  5. Setelah beberapa bahan tersebut tercampur, selanjutnya rebus nasi dengan menggunakan api kecil. Lalu aduk terus hingga air berkurang dan berbentuk nasi.
  6. Selanjutnya ambil daun salam dan serai dari dalam, jika tingkat kematangannya mencapai setengah matang.
  7. Kemudian kukus nasi dalam panci, dan pastikan sebelum mengukus nasi. Pastikan rebus airnya terlebih dulu dan jangan lupa tambahkan daun pandan.
  8. Tunggu nasi yang dikukus hingga benar - benar matang. Lalu angkat jika dikira nasi sudah matang dan dinginkan agar nasi kuning bisa dibentuk.
  9. Selesai, dan nasi kuning yang dibuat siap di saji.

Demikian yang dapat kami jelaskan, semoga bermanfaat. ☺

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar