Skip to main content

Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Cara Sederhana

Tina Farida

Bubur Kacang Hijau


Bubur kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau. Pembuatan ini dimasak dengan menggunakan air dan gula aren dengan seikat daun pandan.


Selain memiliki rasa yang enak, harga pun yang ditawarkan relatif murah. Sebab, bahan bubur kacang hijau mudah ditemukan dan pembuatanya dapat dilakukan dengan mudah. Menjalankan usaha dengan menjual sajian ini merupakan langkah positif yang dapat melestarikan kuliner Indonesia.

Keuntungan yang akan didapatkan juga cukup menjanjikan. Karena, banyak penggemar bubur jenis ini, namun jumlah penjualnya lebih sedikit. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha dengan menjual bubur kacang hijau. 

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan, sebagai berikut :

  1. Siapkan kacang hijau sesuai yang dibutuhkan
  2. Siapkan gula merah secukupnya
  3. Bahan lain yang perlu disiapkan adalah cincang halus, santan kental secukupnya, 2 lembar daun pandan dan jahe.

Bagaimana Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Cara Sederhana?


Setelah beberapa bahan tersebut disiapkan, selanjutnya anda bisa membuatnya dengan cara sebagai berikut :
  1. Kacang hijau yang telah disiapkan, pastikan direndam terlebih dahulu dalam waktu 1 jam. Kemudian rebus kacang hijau dengan air secukupnya tunggu hingga matang dan empuk.
  2. Selanjutnya rebus bahan lainnya seperti gula merah dan gula pasir dengan menggunakan air. Tunggu rebusan tersebut sampai larut dan mendidih.
  3. Kemudian Anda bisa langsung tuangkan gula merah dan gula pasir yang sudah tercampur ke dalam air rebusan kacang hijau dengan menggunakan saringan.
  4. Langkah selanjutnya adalah rebus kembali kacang hijau dan jangan lupa tambahkan daun pandan dan santan yang sudah disiapkan.
  5. Setelah bahan tersebut tercampur, maka tambahkan jahe dan garam. Lalu aduk hingga santan berbusa.
  6. Tunggu hingga matang, kemudian ambil wadah sebagai tempat saji.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai membuat bubur kacang hijau dengan cara sederhana. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar