Skip to main content

Resep Ikan Bakar Bumbu Padang, Enak buat Bersama

Anaya Lariencia

Cara Membuat Ikan Bakar Bumbu Padang

Apabila anda menyukai  masakan dengan  bumbu khas padang, anda harus mencoba makanan berikut ini.

Selain membeli di restoran atau jajan bakaran di pinggir jalan, anda dapat juga memasak sendiri ikan bakar bumbu padang ini. 

Resep ikan bakar bumbu padang pastinya menjadi resep yang disukai untuk anda yang menyukai ikan juga masakan pedas. Bumbu ikan bakar padang ini memiliki ciri khas pedas yang membuat anda ketagihan. Mari kita lihat resepnya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat ikan bakar padang adalah:

  1. 6 ekor ikan kembung
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 90 ml santan kental juga bumbu rempah yang lain.
  4. 1 batang serai dimemarkan
  5. 1 lembar daun kunyit
  6. 4 lembar daun jeruk tulangnya dibuang di bagian tengah
  7. 1 sdt merica bubuk, garam dengan gula secukupnya
  8. 110 ml air
  9. minyak goreng secukupnya

Untuk persiapan bumbu halusnya:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 9 siung bawang merah
  3. 9 buah cabai merah
  4. 1 cm kunyit
  5. 1 ruas lengkuas
  6. 1 cm jahe

Bahan diatas akan dicampur kemudian dihaluskan, maka semua bahan disiapkan dengan lengkap  supaya rasanya tidak berkurang dari bumbu resep yang dibuat.

Sebelum memasak ikan bakar, pertama anda harus membersihkan dulu ikan dengan benar yang akan kita bakar nanti. Bagian insang juga ekor belakang ikan, harus anda potong serta bersihkan. 
Kemudian sisik ikan adalah satu hal penting yang harus bersihkan. Selanjutnya, ikan direndam memakai air beberapa menit agar ikan lebih bersih. 

Jika dirasa sudah bersih, lumuri ikan memakai air  jeruk nipis juga garam. Ini berfungsi untuk mengurangi bau amis pada ikan.

Lalu proses memasak ikan

  1. Ikan bakar padang yang pertama adalah memanaskan penggorengan di atas kompor memakai api sedang, kemudian tumis bumbu halus yang tadi sudah dihaluskan kemudian masukkan serai, daun kunyit juga daun jeruk. 
  2. Tumis terus sampai bahan sudah tercium wangi. Selanjutnya, tambah santan dan garam, gula, merica, lalu aduk sampai mendidih. 
  3. Selanjutnya, masukkan ikan kemudian aduk rata sampai bumbu meresap. Masak sampai sudah mengental, setelah itu baru api dimatikan.

Lalu proses selanjutnya adalah membakar

  1. Sambil anda menunggu bumbu meresap ke daging ikan, anda dapat persiapkan alat pemanggang seperti arang batok kelapa bisa juga dengan teflon untuk membakar ikan. 
  2. Selanjutnya, olesi panggangan memakai margarin kemudian angkat ikan yang sudah dimasak tadi pindahkan ke teflon untuk dipanggang. 
  3. Kemudian bakar ikan memakai api yang kecil. Resep ikan bakar padang adalah resep yang gampang dibuat dirumah maka anda juga dapat mencoba membuat sendiri di rumah.
  4. Tunggu ikan sampai matang kemudian jangan lupa membolak-balik ikan dengan mengoles bumbu padang sampai matang dan kering dengan merata. 
  5. Jika sudah matang, anda dapat menyiapkan sepiring nasi putih hangat. Sudah pasti menu ini dapat dimakan pakai sambal untuk anda yang suka pedas, sebab bumbu padang sudah memiliki cita rasa yang pedas. 
  6. Jangan lupa tambah dengan sayuran dan lalap seperti timun, kubis agar selera makan anda bertambah, ini akan membuat anda dapat menghabiskan nasi berapa piring.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar