Skip to main content

Resep Boh Puniaram Khas Aceh, Sajian Mirip Perkedel yang Rasanya Unik!

Nahdia Qurrota A'yun

Resep Boh Puniaram


Tentu kamu tidak asing dengan perkedel, makanan dari kentang yang rasanya super nikmat. Biasanya, dijadikan pelengkap masakan berkuah, seperti soto dan sop. Dibejek-bejek dalam kuah soto bikin kamu auto nambah nasi.

Di Kota Serambi Mekkah juga ada sajian serupa. Diolah dengan resep Boh Puniaram khas Aceh yang sudah ada sejak jaman dulu, hidangan ini membuat makan siangmu lebih berkesan.

Tentang Boh Puniaram
Boh Puniaram adalah makanan yang berasal dari Aceh, tepatnya Aceh Besar. Ia memiliki nama lain Boh Peune Aram. 
Penulisan 'Puniaram' pun kerap dipenggal menjadi Puni Aram. Umumnya, Boh Puniaram dihidangkan saat acara kenduri kematian. Sebab, di acara tersebut, yang disajikan harus makanan yang sederhana, baik dari segi bahan maupun cara pembuatan.

Sebagaimana yang telah disampaikan, Boh Puniaram ini bentuknya menyerupai perkedel. Yang membedakannya dengan perkedel adalah bahan-bahannya. Jika biasanya perkedel berbahan utama kentang, daging atau kornet, Boh Puniaram menggunakan bahan yang lebih sederhana, yakni kelapa parut.

Perpaduan bahan utama dengan aneka rempah dalam resep Boh Puniaram khas Aceh bikin rasa perkedel versi murah itu mampu menggoyang lidah.

Resep Boh Puniaram Khas Aceh
Proses pembuatan Boh Puniaram sangat sederhana, kok. Rugi kalau tidak dicoba. Kapan lagi bisa masak hidangan lezat dengan bahan-bahan yang harganya pas di kantong?

Bahan-bahan

  1. 2 ons kelapa muda parut dan
  2. 1 butir telur.

Bumbu

  1. 2 siung bawang putih,
  2. 1 buah cabai merah (buang bijinya),
  3. 2 cm kunyit,
  4. 1 cm kencur,
  5. 2 lembar daun jeruk,
  6. 2 butir kemiri,
  7. 1 sendok teh ketumbar,
  8. 1 sendok teh garam,
  9. ½ sendok teh gula pasir,
  10. ½ sendok teh lada bubuk dan
  11. ½ sendok teh penyedap rasa.

Cara Membuat

  1. Pertama, haluskan semua bumbu. Lalu, sisihkan.
  2. Kedua, campur kelapa muda parut dan telur hingga merata.
  3. Ketiga, masukkan bumbu yang telah dihaluskan.
  4. Jika telah tercampur, bagi adonan dan bentuk bundar pipih menyerupai perkedel. Ulangi sampai habis.
  5. Setelah itu, panaskan minyak dengan api sedang untuk menggoreng adonan tadi.
  6. Selanjutnya, kalau berubah warna tandanya sudah matang dan siap ditiriskan.


Gampang dan praktis, bukan? Jadi, buat kamu yang tidak bisa memasak pun dapat mempraktikkannya. Soal rasanya tidak perlu diragukan apabila kamu mengikuti resep Boh Puniaram khas Aceh dengan benar.

Meskipun di Aceh makanan ini dihidangkan ketika kenduri kematian, bukan berarti kamu tidak boleh menikmatinya di momen berbeda. Misal, saat sarapan atau makan siang. Dimakan bersama nasi pulen hangat lebih endeus. Digagoin doang pun tetap oke, kok.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar