Skip to main content

Lembut Banget, Begini Resep Cake Pisang Anti Gagal

Vivi Fitriandani

Resep Cake Pisang


Cake Pisang atau juga disebut Kue Bolu Pisang adalah salah satu jenis kue yang bisa menjadi pilihan kudapan ataupun sajian yang lezat. Apalagi jika ada perhelatan penting keluarga, kue ini sangat cocok untuk dihidangkan. Jadi, semakin beragam menu yang bisa disajikan.
 
Cake Pisang ini umumnya terbuat dari campuran berbagai bahan buat bolu serta buah pisang. Kue ini mempunyai cita rasa unik sehingga disukai oleh banyak orang dan bahkan mempunyai banyak penggemar. 

Lebih lagi untuk Anda yang suka sekali dengan buah pisang. Untuk mendapatkan Cake Pisang yang enak, namun anti bantat dan lembut sekali, Anda bisa coba resep yang satu ini untuk membuatnya. Tapi, jangan lupa siapkan bahan-bahannya dahulu, ya!

Bahan-bahan Cake Pisang

  1. 100 gram gula pasir, butirannya halus
  2. 200 gram tepung terigu
  3. 5 gram baking powder
  4. 5 gram baking soda
  5. Vanili secukupnya (sejumput)
  6. Garam secukupnya (sejumput)
  7. 300 gram atau 3 buah pisang ambon
  8. 100 ml minyak sayur
  9. 1 sachet kental manis
  10. 60 ml air
  11. 1 butir telur, kocok lepas

Langkah-langkah Pembuatan Cake Pisang

  1. Siapkan terlebih dahulu Loyang dan olesi dengan minyak ataupun margarin dan taburi tepung sedikit saja.
  2. Campurkan bahan-bahan kering seperti gula pasir, tepung terigu, baking powder, baking soda, vanili dan garam. Lalu ayak.
  3. Tempatkan pada wadah yang terpisah. Campurkan bahan-bahan yang basah, yaitu kental manis, pisang, air, minyak sayur dan telur.
  4. Tuangkan bahan basah perlahan ke bahan kering. Aduk dengan menggunakan whisk hingga tercampur dengan rata ke Loyang yang telah diolesi minyak atau margarin dan ditaburi tepung tipis-tipis.
  5. Siapkan loyang dan oleskan loyang dengan minyak atau margarin. Campur dan ayak bahan-bahan kering seperti terigu, gula pasir, baking soda, baking powder, garam dan vanili.
  6. Di tempat terpisah, campur bahan-bahan basah seperti pisang, susu kental manis, minyak sayur, air dan telur.
  7. Tuang bahan cair ke bahan kering, aduk dengan whisk sampai tercampur ke loyang yg sudah diolesi mentega dan tabur tepung tipis-tipis.
  8. Panggang adonan di oven sampai kurang lebih 45 menit. Pada 10 menit terakhir set dengan api atas.
  9. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari oven. Sajikan.

Tips Membuat Cake pisang

  1. Pilihlah pisang ambon yang sudah matang, lalu lumatkan dengan garpu sampai seluruhnya tercampur.
  2. Setelah cake matang, usahakan untuk menunggu selama lima menit kemudian baru dikeluarkan dari Loyang.


Nah, itulah resep membuat Cake Pisang yang enak dan lembut. Selain di oven, sebenarnya Anda juga bisa mengukusnya. Caranya juga cukup mudah. Masukkan adonan ke kukusan saat sudah beruap banyak, lalu kukus selama 30 menit tanpa dibuka. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar