Skip to main content

Resep Es Kuwut Melon, Menyegarkan dan Cocok Jadi Sajian Buka Puasa

Vivi Fitriandani

Resep Es Kuwut Melon


Buka puasa memang lebih enak jika dengan minuman-minuman yang menyegarkan tenggorokan. Es biasanya menjadi sajian yang tidak boleh terlewatkan oleh beberapa orang untuk berbuka puasa.

Namun sayangnya, kebanyakan orang hanya membuat minuman es yang itu-itu saja. Padahal Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sajian manis tersebut. Hampir di setiap daerah di Indonesia punya sajian es yang punya cita rasa enak dan pastinya menyegarkan.
 
Es Kuwut Melon adalah salah satu minuman es bercita rasa manis di Indonesia yang cocok untuk dijadikan sajian buka puasa. Untuk membuat es ini pun tidak sulit. Apalagi bahan-bahan yang digunakan mudah untuk ditemukan.
 
Nah, agar Anda tidak bosan dengan es untuk buka puasa yang itu-itu saja, tidak ada salahnya jika membuat Es Kuwut di rumah. 
Tenang saja, disini kami akan memberikan resep dan cara membuat es tersebut yang pastinya enak, menyegarkan dan bikin nagih. Penasaran? Simak yang di bawah ini!

Bahan-bahan Es Kuwut Melon:

  1. 60 ml santan instan
  2. 1 bungkus jelly dengan rasa kelapa
  3. Kental manis secukupnya
  4. Biji selasih secukupnya
  5. Nata de Coco secukupnya
  6. 1,2 liter air
  7. Potongan jeruk nipis secukupnya
  8. sirup melon secukupnya
  9. Es batu secukupnya
  10. ½ buah air jeruk nipis

Cara Membuat Es Kuwut Melon:

  1. Masak terlebih dahulu jelly rasa kelapa dengan santan instan, air 700 ml, dan kental manis sampai mendidih.
  2. Jika sudah, saring kemudian pindahkan ke wadah dan diamkan hingga jelly mengeras. Lalu potong atau serut jelly supaya seperti daging kelapa.
  3. Pada wadah yang lainnya, tuangkan air 500 ml, biji selasih, jelly kelapa, air jeruk nipis, nata de coco, potongan jeruk nipis, sirup melon dan es batu. Aduk sampai tercampur rata semua bahannya.
  4. Siapkan gelas, kemudian tuangkan minuman pada gelas tersebut.
  5. Es Kuwut Melon sederhana sudah siap untuk dinikmati.


Itulah resep Es Kuwut Melon sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Resep di atas bisa untuk 2 porsi minuman. Untuk lama pengerjaan pembuatan es sekitar 20 menit. Bagaimana? Tertarik bukan untuk membuatnya? Jadi, segera buat di rumah untuk berbuka puasa nanti!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar