Skip to main content

Roti Burger Sederhana Rumahan, Sajian Hemat dan Enak

La Dina

Roti Burger Rumahan


Pernah membuat roti rumahan sendiri? Roti adalah makanan dengan bahan dasar tepung terigu dan air. Dalam pembuatannya, menggunakan ragi untuk melakukan fermentasi. 

Namun terkadang, ada juga roti yang tidak menggunakan ragi malah membuat roti dengan bahan seperti garam, minyak, mentega, dan telur.

Jadi, tidak terlalu sulit untuk membuat roti sendiri dari rumah. Nah, kali ini, akan dibagikan resep roti. Bukan roti seperti pada umumnya yang hanya bertopping meses atau yang menggunakan isian gula merah. 
Namun, kali ini akan dibagikan resep membuat roti dengan isian yang lebih sehat lagi. Bisa juga dibilang makanan yang akan dibuat kali ini adalah burger. Bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkahnya.

Siapkan bahan-bahan untuk roti. Berikut bahan-bahannya.

Bahan roti:

  1. 500 gram terigu berprotein tinggi.
  2. 100 gram gula.
  3. 100 gram margarin.
  4. 11 gram fermipan (pengembang roti).
  5.  4 butir kuning telur.
  6. 225 mililiter air.

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kering dan aduk rata.
  2. Selanjutnya, masukkan kuning telur dan air, aduk dan uleni sampai merata.
  3. Masukan margarin dan uleni lagi sampai adonan kalis. Bulatkan adonan, tutupi dengan plastik, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Kempiskan adonan, timbang potong per 50 gram. Jadi, untuk satu buah roti, menggunakan 50 gram adonan. Bulatkan adonan seperti bentuk roti burger.
  5. Diamkan lagi adonan hingga mengembang 2 kali lipat dari bentuk awal. Lama waktu didiamkan kurang lebih 1 sampai dengan 2 jam dengan suhu ruangan.
  6. Bila sudah, panggang adonan roti dalam oven dengan suhu 170 derajat selama kurang lebih 20 menit dan boleh diangkat setelah 20 menit.
  7. Lalu oleskan bagian atasnya dengan margarin.
  8. Terakhir, ambil sayuran seperti selada dan daging untuk dimakan bersama roti layaknya satu buah burger.

Selamat mencoba!

Cocok untuk anak-anak yang kurang suka makan sayur. Cocok juga untuk sarapan sehari-hari ditemani dengan teh manis karena burger ini juga, mampu mengenyangkan setidaknya hingga waktu makan siang datang. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar