Lompat ke konten
Home » Resep » Mau Buat Dadar Gulung Pandan Sendiri di Rumah? Baca Dulu Resepnya Berikut

Mau Buat Dadar Gulung Pandan Sendiri di Rumah? Baca Dulu Resepnya Berikut

Dadar Gulung Pandan

Resep dadar gulung pandan memang sudah banyak diinformasikan. Namun, pembuatan dadar gulung yang diharapkan rasanya legit manis dan tidak mengecewakan terkadang tidak sesuai harapan.


Bentuknya memang sudah bagus, tetapi rasanya kurang nendang. Anda mungkin salah satu orang yang pernah mengalaminya. Membuat dadar gulung pandan, tetapi rasanya kurang enak. Dengan kata lain, hasilnya mengecewakan.


Makanan dadar gulung pandan memang sudah umum dijual di luar sana. Rasanya manis dan bau harum pandannya begitu terasa. Itulah yang menjadi ciri khas makanan ini. Sangat cocok disantap setiap waktu. Ditemani secangkir kopi, teh, atau coklat hangat. 


Pasti sangat menyenangkan menikmati waktu dengan menyantap dadar gulung pandan. Oleh karena itu, silakan Anda membuat dadar gulung pandan sendiri di rumah yang dijamin rasanya enak.


Lalu, bagaimana resep dadar gulung pandan yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan untuk kulit dadar gulung

Bahan-bahan untuk membuat kulit dadar gulung pandan, antara lain sebagai berikut.

  1. 150 gram tepung terigu (pilih yang berprotein tinggi)
  2. 300 ml air matang
  3. 1 ikat pandan yang diblender hingga halus. Diamkan sejenak untuk mengambil endapan jus pandan tersebut, sekitar 2 sendok makan saja
  4. 1 sendok makan santan kelapa atau instan
  5. ½ sendok teh garam
  6. Minyak goreng atau margarin secukupnya
Baca Juga :  Resep Sambal Hitam Madura yang Satu Ini Benar-Benar Menggugah Selera

Bahan untuk isian dadar gulung

  1. 150 gram kelapa parut (pilih yang setengah tua)
  2. 100 gram gula merah
  3. 50 ml air matang
  4. 1 lembar daun pandan
  5. ½ sendok teh garam

Cara membuat dadar gulung pandan

  1. Setelah semua bahan di atas siap, silakan mempraktikkan cara membuat resep dadar gulung pandan berikut.
  2. Pertama, Anda harus membuat bahan isian dadar gulung pandan terlebih dulu. Panaskan air di dalam panci, lalu ambil setengah gula merah yang disiapkan dan masak hingga larut. Setelah itu, saring larutan gula merah dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan lagi panci yang diberi air secukupnya dan masak gula merah sisanya hingga lumer. Tambahkan daun pandan dan garam.
  4. Lalu, masukkan kelapa parut. Aduk pelan hingga tercampur merata. Setelah airnya menyusut, matikan kompor dan sisihkan.
  5. Bahan isian sudah jadi. Sekarang, giliran membuat kulit dadar gulung. Ambil wadah dan campur air dengan endapan jus pandan. Aduk hingga merata dan sisihkan.
  6. Selanjutnya, ambil wadah lagi dan campurkan tepung terigu, garam, dan santan kelapa. Aduk merata lalu tambahkan air pandan dari jus pandan. Aduk terus dan saring adonan.
  7. Panaskan pan teflon ukuran kecil atau sedang di kompor api kecil saja. Beri sedikit minyak goreng atau margarin agar tidak lengket adonannya.
  8. Lalu, ambil satu sendok sayur adonan kulit dadar gulung, tuang dan ratakan di teflon. Masak kulit dadar gulung hingga kering, tetapi jangan sampai gosong. Kalau sudah matang, ambil dan letakkan di piring.
  9. Tak perlu membolak-balik kulit dadar gulung saat membuatnya. Buat terus kulitnya hingga adonannya habis.
  10. Setelah pembuatan kulit dadar gulung selesai, Anda bisa meracik dadar gulung pandan tersebut. Ambil 1 sendok makan adonan isian dadar gulung, letakkan di atas kulit dadar gulung, lalu melipat dan membungkusnya.
  11. Ingat, Anda harus berhati-hati saat melipat kulit dadar gulung agar tidak robek atau pecah. Buat terus dadar gulung pandan hingga kulit dan isi adonannya habis.
  12. Akhirnya, dadar gulung pandan sudah jadi dan siap disantap.
Baca Juga :  Cara Membuat Resep Kue Leker Teflon
Mau Buat Dadar Gulung Pandan Sendiri di Rumah? Baca Dulu Resepnya Berikut

Itulah resep dadar gulung pandan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Bahan dan langkah pembuatannya memang cukup banyak. Oleh karena itu, Anda bisa meminta bantuan orang lain. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan