Lompat ke konten
Home » Yuk Moms, Masak Resep Nugget Ayam Wortel untuk Sang Buah Hati

Yuk Moms, Masak Resep Nugget Ayam Wortel untuk Sang Buah Hati

 Resep Nugget Ayam Wortel

Sepertinya, resep nugget ayam wortel harus diketahui oleh para mama atau bunda di rumah. Terutama yang masih memiliki balita. Pasalnya, nugget ayam memang menjadi salah satu makanan kesukaan bocah-bocah cilik tersebut. 

 
Bisa disantap sebagai lauk, atau sebagai cemilan sehat setiap hari. Apalagi balita yang susah makan sudah seharusnya dicarikan solusi membuat mereka makanan yang enak sekaligus sehat. Nugget ayam wortel itulah solusi yang jitu.
Biasanya, nugget ayam dijual di luar berwujud frozen food dengan harga bervariasi. Anda pun juga bisa membuat nugget ayam seperti itu. Bahkan, lebih sehat karena ditambah sayuran wortel di dalamnya. Tapi, kenapa dipilih wortel sebagai campurannya? 
 
Dikarenakan wortel berwarna merah cerah, sehingga bisa menarik perhatian anak kecil. Selain itu, wortel mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkan sang buah hati.
Lalu, bagaimana cara memasak resep nugget ayam wortel yang enak? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

 

 

 

Baca Juga :  Resep Ikan Kembung Balado Sederhana

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging ayam yang sudah digiling.
  2. 2 sendok makan tepung terigu
  3. 2 siung bawang putih yang dihaluskan
  4. 1 buah wortel besar diiris kecil-kecil
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. Minyak goreng secukupnya

 

Bahan pencelup nugget

  1. 2 butir telur ayam diambil putih nya saja
  2. Tepung panir secukupnya

 

 

 

Cara membuat nugget ayam wortel

Setelah semua bahan di atas siap, Anda bisa segera memasak resep nugget ayam wortel dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan daging ayam di dalam wadah. Lalu, campur dengan tepung terigu, bawang putih, dan irisan wortel. Aduk dengan tangan hingga merata. Agar lebih higienis, Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik sebelum mengaduknya.
  2. Selanjutnya, masukkan garam dan merica bubuk. Aduk terus hingga merata.
  3. Diamkan adonan nugget ayam tersebut beberapa saat agar meresap semua bahan dan bumbunya.
  4. Setelah itu, ambil adonan nugget dan bentuk kecil-kecil sesuai selera. Anda juga bisa menggunakan cetakan untuk nugget tersebut. Misalnya, cetakan berbentuk hewan, huruf abjad, angka, atau yang lainnya. Dengan begitu, bentuk nugget ayam lebih menarik perhatian sang buah hati.
  5. Setelah dibentuk atau dicetak, kukus nugget ayam wortel sekitar 10 menit.
  6. Jangan lupa menyiapkan bahan pencelup, yaitu putih telur dan tepung panir.
  7. Angkat kukusan nugget ayam dan diamkan sebentar agar tidak panas.
  8. Sementara itu, panaskan wajan penggorengan dan tuangkan minyak goreng. Perlu diingat, minyak goreng harus dalam kondisi panas saat menggoreng nugget ayam agar tidak lengket. Selain itu, nugget ayam harus tercelup sepenuhnya di dalam minyak saat digoreng agar cepat matang.
  9. Selanjutnya, ambil satu per satu nugget ayam dan celupkan kedalam putih telur dulu, lalu barulah dimasukkan ke dalam tepung panir. Pastikan semua permukaan nugget ayam tertutupi tepung panir.
  10. Goreng nugget ayam wortel tersebut satu per satu. Jangan lupa dibolak-balik agar matang merata. Jika sudah  berwarna coklat keemasan pertanda sudah matang.
  11. Angkat dan tiriskan. Nugget ayam wortel buatan Anda sendiri sudah matang dan siap disantap.
  12. Nugget ayam yang belum digoreng bisa disimpan dalam freezer kulkas agar bisa awet. Keesokan harinya bisa digoreng lagi, sehingga seperti frozen food jadi lebih praktis.
Baca Juga :  Sayap Ayam Bumbu Madu, Rasanya Enak, Legit Pisan

 

 

Nah, itulah cara memasak resep nugget ayam wortel buatan sendiri. Semoga bermanfaat ya moms informasinya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info