Lompat ke konten
Home » Resep » Inilah Resep Ayam Kukus Besler yang Bisa Anda Masak di Rumah

Inilah Resep Ayam Kukus Besler yang Bisa Anda Masak di Rumah

Ayam Kukus Besler

Resep ayam kukus besler

Inilah resep ayam kukus besler yang mungkin sudah Anda tunggu-tunggu informasi selengkapnya. Tak perlu khawatir, di sini akan diinformasikan selengkapnya mengenai bahan, bumbu, dan cara memasak ayam kukus besler yang direkomendasikan.

Dengan begitu, Anda bisa memasak menu kuliner yang satu ini di rumah. Pasalnya, jarang warung atau rumah makan yang menjualnya. Padahal, rasa masakannya begitu menggugah selera. Sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang ditemani sepiring nasi hangat dan minuman dingin.

Biasanya, bahan daging ayam dimasak dengan cara digoreng, direbus, atau dibakar. Namun sekarang, daging ayam yang sudah dibumbui tersebut dimasak dengan cara dikukus.

Dengan begitu, semua bumbu akan meresap masuk ke dalam daging ayam. Itulah yang menjadikan ayam kukus besler berasa luar biasa sedapnya. Jika Anda begitu penasaran untuk mencicipinya, bersabarlah sejenak karena harus memasaknya terlebih dulu.

Lalu, bagaimana cara memasak resep ayam kukus besler yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung muda
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 6 lembar daun salam
  4. 1 lembar daun pandan diiris
  5. 10 buah cabai rawit utuh
  6. 2 batang serai diiris serong
  7. 3 sendok makan air matang
  8. 3 sendok makan santan kelapa instan
  9. 2 sendok makan gula Jawa
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh gula pasir
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
  14. Daun pisang secukupnya
  15. Tusuk gigi secukupnya
  16. Bumbu yang dihaluskan
  17. 10 siung bawang merah
  18. 5 siung bawang putih
  19. 5 buah cabai merah besar
  20. 20 buah cabai rawit atau sesuai selera
  21. 3 cm jahe
  22. 2 cm kunyit
  23. 5 butir kemiri disangrai
  24. 1 buah tomat merah
Baca Juga :  Menu Makan Siang Ala Filipina, Resep Chicken Adobo Lezat Menggoda Lidah

Cara memasak ayam kukus besler

Setelah semua bahan dan bumbu resep ayam kukus besler di atas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Cuci dan bersihkan terlebih dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Lalu, belah ayam di bagian tengah jangan sampai putus. Beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Aduk merata dan biarkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu bersihkan daging ayam lagi, lalu rebus sekitar 45 menit hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Lalu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan air matang, santan, garam, dan gula pasir. Aduk merata.
  4. Cicipi sedikit untuk mengoreksi rasa. Jika kurang gurih, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi merata. Matikan kompor.
  5. Ambil daging ayam, lalu masukkan ke dalam wajan yang ada tumisan bumbu tadi. Aduk dan bolak-balik ayam agar seluruh permukaannya dilumuri bumbu. Ingat, sewaktu ayam dimasukkan ke dalam wajan, api kompor sudah mati.
  6. Setelah itu, siapkan daun pisang. Letakkan ayam yang sudah dilumuri bumbu di atas daun pisang. Tambahkan daun salam, dan pandan, cabai utuh, dan batang serai. Letakkan tambahan bahan tersebut di atas dan bawah ayam. Lalu, bungkus ayam dengan daun pisang. Bagian ujung-ujungnya dikunci dengan tusuk gigi agar menutup rapat.
  7. Siapkan panci kukusan, lalu kukus bungkusan ayam tersebut selama 60 menit.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil bungkusan ayam yang sudah dikukus dan letakkan di atas piring saji. Buka bungkusan daun pisangnya dan silakan dicicipi ayam kukus besler yang sudah matang. Jangan lupa siapkan sepiring nasi hangat saat menyantapnya.
Baca Juga :  Sayur Sop Ayam, Menu Wajib Keluarga Indonesia

Itulah informasi resep ayam kukus besler selengkapnya. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan