Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Mencicipi Ayam Panggang Klaten yang Lezat? Nih Resepnya

Mau Mencicipi Ayam Panggang Klaten yang Lezat? Nih Resepnya

Ayam Panggang Klaten (1)

Resep ayam panggang Klaten

Menu ayam panggang Klaten memang begitu istimewa. Sudah pasti rasanya enak karena menggunakan bahan dan bumbu istimewa. Ayam panggang yang satu ini menggunakan bahan utama daging ayam kampung yang sudah terkenal lezat rasanya. Harganya memang lebih mahal, tetapi rasanya yang mantul tidak bisa dibohongi.

Ayam panggang dari Klaten mungkin tidak ada yang meniru rasanya. Anda mungkin sudah pernah mencicipinya. Sementara Anda yang belum pernah mencoba kelezatan ayam panggang tersebut, sekarang dapat memasaknya sendiri di rumah.

Silahkan Anda membaca informasi selengkapnya di bawah ini agar bisa memasak ayam panggang Klaten yang lezat. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung sekitar 750 gram
  2. 2 siung bawang putih dihaluskan
  3. 2 lembar daun salam
  4. 6 lembar daun jeruk
  5. 400 ml santan atau dari 1 butir kelapa
  6. 1 sendok teh asam Jawa
  7. 1 sendok teh garam
  8. 4 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  9. Tempat memanggang atau membakar ayam

Bumbu-bumbu

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 6 butir kemiri
  4. 3 cm lengkuas
  5. 3 cm jahe
  6. 3 cm kencur
  7. 1 sendok makan ketumbar
  8. 1 sendok teh merica bubuk
  9. 1 sendok makan air asam Jawa
  10. 3 sendok makan gula Jawa
Baca Juga :  Resep Kue Lumpur Labu Kuning dan Kentang

Bahan untuk sambal

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 5 buah cabai merah besar
  3. 1 buah tomat merah segar
  4. 5 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. ½ sendok makan gula Jawa
  7. Kaldu bubuk secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat ayam panggang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda dapat segera membuat ayam panggang Klaten dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ayam kampung di bawah air mengalir. Anda bisa membelahnya menjadi dua atau membiarkan utuh. Setelah itu, lumuri ayam dengan campuran bawang putih, asam Jawa, dan garam secara merata. Masukkan ke dalam wadah dan biarkan sekitar 60 menit.
  2. Selanjutnya, Anda haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga tercium wangi. Lalu, masukkan daun salam dan daun jeruk. Tumis terus hingga layu.
  3. Masukkan ayam kampung dan aduk merata dengan bumbu. Setelah itu, tambahkan santan dan masak hingga mendidih. Jangan lupa mengaduknya perlahan agar santan tidak pecah.
  4. Kecilkan api kompor dan terus masak hingga ayam matang dan bumbu meresap ke dalamnya. Setelah matang, angkat ayam dan tiriskan. Adapun sisa kuah terus dimasak hingga mengental. Setelah kuah mengental, matikan kompor dan tuangkan di sebuah wadah.
  5. Selanjutnya, siapkan tempat pemanggangan ayam diatas bara api. Olesi terlebih dulu badan ayam dengan sisa bumbu santan yang sudah mengental. Setelah itu, panggang ayam diatas bara api. Jangan lupa membolak-balik ayam serta mengolesi lagi dengan sisa bumbu santan.
  6. Setelah matang, angkat ayam dan siap dihidangkan. Selanjutnya, Anda bisa membuat sambalnya dengan cara mudah. Panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah itu, masukkan cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Tumis hingga setengah layu, lalu matikan kompor.
  7. Siapkan cobek untuk menguleg sambalnya. Tuangkan tumisan bahan sambal tadi ke atas cobek bersama minyak gorengnya. Lalu, tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk secukupnya. Setelah itu, uleg hingga sambalnya tercampur rata dan lembut.
  8. Siapkan sebuah piring besar untuk plating. Letakkan ayam panggang yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal yang sudah dibuat.
Baca Juga :  Resep Crepe Cake Oreo Yang Lumer Mudah Membuatnya

Itulah resep ayam panggang Klaten selengkapnya yang bisa Anda coba sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan