Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Pepes Ikan Tongkol, Rasanya Lezat untuk Menu Makan Siang Hari Ini

Pepes Ikan Tongkol, Rasanya Lezat untuk Menu Makan Siang Hari Ini

Pepes Ikan Tongkol (1)

Resep pepes ikan tongkol

Pepes ikan tongkol sangat lezat disantap bersama nasi hangat. Kuliner yang satu ini identik dengan masakan Sunda. Namun dalam perkembangannya, pepes ikan juga dapat ditemukan hingga pelosok daerah Indonesia.

Selain itu, jenis ikan yang dipakai untuk dipepes juga dapat dipilih sesuai selera. Jika biasanya menggunakan ikan air tawar, seperti ikan mas, mujair, atau yang lainnya. Anda juga dapat membuat pepes dari ikan air laut, seperti ikan tongkol.

Ikan tongkol yang berdaging cukup tebal dan rasanya enak itu dapat dimasak pepes. Sudah pasti bumbu pepes yang gurih akan semakin menambah citarasa dari ikan tongkol tersebut. Anda yang tertarik ingin membuat pepes ikan tongkol silahkan membaca selengkapnya resep yang diinformasikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ikan tongkol segar ukuran sedang
  2. 1 ikat kemangi
  3. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  4. Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  5. Tusuk gigi secukupnya
Baca Juga :  Resep Lappet Pohul-Pohul Khas Sumatera Utara, Kue Manis dengan Bentuk Cetakan Kepalan Tangan

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit
  4. 8 buah cabai merah besar
  5. 2 buah tomat merah
  6. 5 butir kemiri
  7. 1 sendok makan gula Jawa
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh kaldu bubuk

Cara membuatnya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara membuat pepes ikan tongkol dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu ikan tongkol. Anda bisa membuang bagian kepalanya jika mau. Sisihkan
  2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, tambahkan gula Jawa, garam, dan kaldu bubuk. Aduk merata dan sisihkan.
  3. Siapkan daun pisang untuk membungkus pepes. Taruh ikan tongkol diatas selembar daun pisang, lalu beri 2 sendok makan bumbu pepes yang sudah disiapkan. tambahkan potongan tomat dan daun kemangi secukupnya. Setelah itu, gulung daun pisang dan sematkan tusuk gigi pada dua ujungnya agar dapat membungkus rapat.
  4. Lakukan langkah tersebut hingga ikan tongkol dan bumbu pepesnya habis. Selanjutnya, siapkan panci kukusan lalu kukus semua pepesan sekitar 20 menit hingga matang. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup panci agar uap airnya keluar.
  5. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Ambil satu pepesan dan letakkan diatasnya. Buka sematan di dua ujung pepesan dan buka gulungan daun pisangnya. Anda bisa mencium aroma pepesan yang menggugah selera. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Diet Tetap Makan Enak, Begini Resep Brownies Kukus Oatmeal Tanpa Tepung dan Tanpa Oven

Ternyata, membuat pepes ikan tongkol cukup mudah. Silahkan Anda praktikkan sendiri di rumah untuk dijadikan menu santap siang bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan