Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Panggang Bumbu Kecap yang Lezat untuk Makan Siang

Resep Ayam Panggang Bumbu Kecap yang Lezat untuk Makan Siang

Ayam Panggang Bumbu Kecap (2)

Resep ayam panggang bumbu kecap

Menu ayam panggang bumbu kecap memang benar-benar menggugah selera. Anda yang baru mencium ayam panggangnya yang baru saja matang sudah menelan ludah, apalagi saat menyantapnya nanti.

Ayam panggang biasanya dijual di rumah makan yang menyediakan menu tersebut. Harganya pun bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan dan tingkat kesulitan saat memasaknya.

Sekarang, Anda juga dapat memasak ayam panggang sendiri di rumah. Sangat cocok disantap saat makan siang bersama seluruh anggota keluarga. Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Namun yang paling penting, cara membuat ayam panggang bumbu kecap tersebut. Untuk lebih jelasnya perihal bahan, bumbu, serta cara membuatnya, silahkan menyimak informasi berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam ukuran sedang, ayam pedaging atau ayam kampung
  2. 2 cm jahe digeprek
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 buah jeruk nipis
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  7. 1 batang serai digeprek
  8. 2 sendok makan kecap manis
  9. 300 ml air matang
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. ½ sendok teh jintan
  4. ½ sendok makan ketumbar
Baca Juga :  Resep Bumbu Ikan Bakar Asli Gurihnya Dan Nikmat

Bahan olesan

  1. 1 sendok teh minyak goreng
  2. 3 sendok teh kecap manis

Bahan untuk sambal

  1. 10 buah cabai rawit
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 buah tomat merah segar dipotong
  5. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  6. Garam secukupnya

Cara membuatnya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak ayam panggang bumbu kecap dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ayam dulu hingga bersih di bawah air mengalir. Lalu, potong ayam menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Setelah itu, lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Aduk merata dan diamkan selama 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, jahe, dan batang serai. Tumis terus hingga layu. Tambahkan kecap manis dan bumbui dengan garam, merica, dan gula merah. Aduk-aduk sebentar lalu masukkan air matang ke dalam wajan.
  3. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan ungkep diatas api sedang saja. Aduk-aduk sebentar dan biarkan hingga air menyusut. Pastikan ayam sudah matang dan empuk. Setelah itu, matikan kompor dan angkat ayam. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, siapkan tempat pemanggangan. Untuk lebih mudahnya, ayam dapat dipanggang diatas teflon saja. Siapkan bahan olesan yang sudah disiapkan. Lalu, oleskan pada tubuh ayam secara merata. Setelah itu, ayam siap dipanggang.
  5. Panaskan teflon untuk tempat memanggang. Oleskan sedikit minyak goreng atau mentega di permukaannya. Setelah itu, panggang ayam diatasnya. Jangan lupa untuk membolak-balik ayam serta mengolesinya lagi agar rasanya lebih sedap.
  6. Setelah matang, angkat ayam panggang dan siap diplating. Anda juga harus membuat sambalnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah, bawang putih, cabai wawit, dan tomat hingga setengah matang. Siapkan cobek lalu tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan gula Jawa dan garam secukupnya. Uleg sambal hingga halus.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh ayam panggang yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal dan nasi hangat saat menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Membuat Kue Karamel Kacang, Enak, Cocok buat Lebaran

Ternyata, membuat ayam panggang bumbu kecap cukup mudah. Anda bisa mempraktikkan cara diatas sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan