Home » Sarapan Pagi dengan Menu Nasi Tim Ayam Jamur Dijamin Menggugah Selera Makan

Sarapan Pagi dengan Menu Nasi Tim Ayam Jamur Dijamin Menggugah Selera Makan

Nasi Tim Ayam Jamur (1)

Resep nasi tim ayam jamur

Nasi tim ayam jamur bisa dijadikan menu andalan Anda sekeluarga jika bingung mau memasak apa untuk sarapan pagi atau makan siang.

Biasanya, sarapan pagi hanya menyantap roti, bubur, nasi goreng, atau menu yang itu-itu saja. Menu yang membosankan dan harus disantap tiap pagi hari. Anda sebagai seorang ibu rumah tangga seharusnya memberikan menu sarapan yang lebih variatif agar tidak membosankan.

Nah, ada salah satu menu yang cocok dijadikan sarapan pagi sekeluarga. Dijamin, mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai rasanya karena benar-benar lezat. Selain itu, porsinya juga pas sehingga tidak begitu mengenyangkan.

Nasi tim lembut yang berisi tumisan daging ayam dan jamur. Lalu, bagaimana cara memasak nasi tim ayam jamur yang enak? Silahkan membaca resep selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 kg beras putih
  2. 7 siung bawang putih digeprek
  3. 2 cm jahe diiris bulat
  4. 1 sendok makan kecap asin
  5. 1 sendok makan saus tiram
  6. 1 sendok makan minyak wijen
  7. Garam secukupnya
  8. Lada bubuk secukupnya
  9. Air kaldu ayam secukupnya

Bahan tumisan ayam dan jamur

  1. 2 potong dagi/ng ayam bagian dada
  2. 1 genggam jamur kancing dipotong kecil
  3. 6 siung bawang putih dicincang
  4. 1 buah bawang bombay dipotong-potong
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. ½ sendok teh lada bubuk
  8. 1 sendok makan kecap manis
  9. ½ sendok makan kecap asin
  10. ½ sendok makan saus tiram
  11. ½ sendok makan minyak wijen
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  13. 2 butir telur rebus
Baca Juga :  Cara Memasak Resep Ikan Cakalang Suwir

Cara membuatnya

Setelah semua bahan diatas siap, Anda dapat segera memasak nasi tim ayam jamur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Cuci dulu beras di bawah air mengalir hingga bersih. Sisihkan. Selanjutnya, bersihkan juga daging ayam di bawah air mengalir. Rebus daging ayam sekitar 30 menit, lalu angkat dan tiriskan. Potong-potong kecil daging ayam dan sisihkan. Air sisa rebusannya yang sudah menjadi kaldu jangan dibuang karena masih dibutuhkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Lalu, masukkan beras yang sudah dicuci. Tambahkan garam, kecap asin, dan saus tiram. Aduk merata.
  3. Masukkan air kaldu hingga menutupi permukaan beras. Aduk merata. Tambahkan minyak wijen dan terus aduk perlahan. Setelah air kaldu menyusut dan beras sudah setengah matang, matikan kompor. Angkat beras dan sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Lalu, tambahkan potongan bawang bombay dan aduk merata.
  5. Masukkan potongan daging ayam dan masak hingga berubah warna. Masukkan juga jamur kancing dan terus aduk merata. Bumbui dengan garam, gula pasir, lada bubuk, kecap asin, kecap manis, dan saus tiram.
  6. Tambahkan minyak wijen dan beri sedikit air. Masukkan telur rebus yang sudah siap. Aduk merata. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor.
  7. Selanjutnya, siapkan panci kukusan. Tuangkan tumisan ayam dan jamur ke dalam panci. Jangan lupa telur rebusnya juga. Masukkan beras yang sudah dimasak tadi. Siram sedikit air kaldu diatasnya. Lalu, kukus semua bahan tersebut sekitar 45 menit atau hingga matang. Terutama untuk berasnya harus benar-benar matang agar enak saat disantap.
  8. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup panci kukusan agar uap airnya keluar. Siapkan piring atau mengkuk saji untuk plating. Beri nasi tim yang sudah matang. Letakkan tumisan ayam, jamur, serta telur rebus yang sudah dibelah diatasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada.
Baca Juga :  Resep Kue Lapis Yang Mudah Dibuat Dan Enak

Akhirnya nasi tim ayam jamur sudah matang dan siap disantap seluruh keluarga. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.