Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Bumbu Bali, Rekomendasi Masak Mudah

Ayam Bumbu Bali, Rekomendasi Masak Mudah

ayam bumbu Bali (1)

Resep ayam bumbu Bali

Resep ayam bumbu Bali sudah menjadi ciri khas masyarakat Pulau Dewata sebagai kuliner tradisional yang hingga sekarang masih bertahan.

Bahkan, menu masakan yang satu ini sudah populer hingga pelosok Nusantara. Khususnya di kota-kota besar yang biasanya ada warung atau rumah makan khas Bali.

Anda mungkin salah satu yang pernah mencicipinya dan ingin menyantapnya lagi.

Warna bumbu Bali yang merah merona memang mewakili rasanya yang pedas gurih. Apalagi bahan utamanya menggunakan daging ayam kampung yang sudah terkenal sehat dan pastinya lebih enak.

Anda yang belum pernah mencicipinya silahkan memasaknya sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya perihal resep ayam bumbu Bali, baca dulu uraian berikut selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar ukuran sedang
  2. 2 buah tomat besar dipotong-potong
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 cm lengkuas digeprek
  6. 2 sendok makan kecap manis
  7. ½ sendok teh garam
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Air matang secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 2 cm jahe
  5. 7 buah cabai rawit merah
  6. ½ sendok makan terasi dibakar
Baca Juga :  Resep Kanji Rumbi Khas Aceh Alias Bubur Rempah yang Bergizi dan Kaya Rasa

Cara memasak ayam bumbu Bali

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam bumbu Bali dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Setelah itu, beri garam dan aduk merata. Diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah itu, rebus potongan ayam kampung hingga mendidih dan berbusa sekitar 30 menit. Diketahui bahwa tekstur daging ayam kampung lebih keras, sehingga harus dimasak lebih lama jika ingin tidak alot.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan ayam satu per satu ke dalam wajan. Goreng setengah matang saja karena nanti masih dimasak dengan bumbu Bali. Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng di dalam wajan sisa menggoreng ayam tadi. Sisakan sedikit minyak saja, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, potongan tomat, dan daun jeruk. Aduk merata,
  5. Bumbui dengan kecap manis dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata lagi. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan ayam kampung. Beri sedikit air dan aduk merata. Masak hingga mendidih dan semua bahan serta bumbu tercampur sempurna.
  6. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum sedap, tambah kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Matikan kompor dan masakan ayam bumbu Bali siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan yang sudah matang diatas piring. Taburi dengan bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Yuk Coba Nasi Salmon Mentai Khas Jepang Sedap

Resep ayam bumbu Bali yang diuraikan diatas tidak begitu sulit memasaknya. Selain itu, semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan