Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak dan Mencicipi Pedas Gurih Dangkot Ayam

Memasak dan Mencicipi Pedas Gurih Dangkot Ayam

Dangkot Ayam (1)

Resep dangkot ayam

Resep dangkot ayam merupakan kuliner berasa dari Toraja, Sulawesi Selatan. Bumbu dangkot menggunakan berbagai rempah khas Nusantara.

Dengan begitu, rasa masakannya pedas, gurih, dan  lezat terutama saat dikombinasikan dengan bahan daging ayam. Apalagi dipilih jenis daging ayam kampung yang lebih enak dan sehat.

Menu kuliner yang satu ini memang tidak begitu populer terutama di Jawa. Namun demikian, rasa masakannya dijamin menggugah selera bagi siapa saja yang mencicipinya.

Dangkot ayam sudah menjadi kekayaan kuliner Indonesia yang harus dilestarikan. Oleh karenanya, tidak ada salahnya Anda memasak masakannya untuk bisa mengenal rasa kuliner asal Toraja tersebut. lalu, bagaimana resep dangkot ayam selengkapnya? Silahkan membaca informasi berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  7. 3 lembar daun jeruk dirajang halus
  8. 2 cm lengkuas digeprek dan dicincang halus
  9. 10 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya saja
  10. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  11. 2 gelas air matang
Baca Juga :  Resep Soto Ayam Santan Super Praktis Cocok Untuk Anda

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang putih
  2. 6 siung bawang putih
  3. 20 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 3 butir kemiri
  6. 2 cm kunyit
  7. 1 cm jahe

Cara memasak dangkot ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan, Anda dapat segera memasak resep dangkot ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil yang masih menempel. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Siapkan wadah baskom dan masukkan semua potongan ayam ke dalamnya. Beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya, lalu aduk merata dengan tangan sambil diremas-remas. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan bersihkan lagi ayam di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Rebus potongan ayam sekitar 30 menit hingga mengeluarkan busa. Angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis hingga harum. Tambahkan batang serai, lengkuas, dan daun jeruk. Tumis hingga semuanya layu.
  5. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan aduk merata. Masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan air yang sudah disiapkan, aduk merata lagi, dan tutup wajan. Kecilkan api kompor.
  6. Bumbui dengan garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Silahkan dicicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  7. Masak hingga air menyusut dan pastikan daging ayam sudah empuk. Dikarenakan menggunakan bahan ayam kampung, sehingga memasaknya harus lebih lama hingga empuk. Setelah matang, matikan kompor dan masakan sudah matang. Siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan dangkot ayam yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya. Jangan lupa menyiapkan air putih untuk menetralisir rasa pedas masakan ini.
Baca Juga :  Resep Sambal Tempoyak Enak Menggemparkan Dunia

Sekarang, Anda sudah mengenal cara memasak resep dangkot ayam khas Toraja. Jika penasaran dengan rasa masakannya, silahkan untuk coba memasaknya sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan