Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Lele Goreng Sambal Pecak, Mudah dan Maknyus

Memasak Lele Goreng Sambal Pecak, Mudah dan Maknyus

Lele Goreng Sambal Pecak (1)

Resep lele goreng sambal pecak

Inilah resep lele goreng sambal pecak yang banyak disukai orang karena rasanya begitu lezat. Menu kuliner yang satu ini biasanya bisa Anda beli dan nikmati di warung pecel lele.

Namun, sambalnya bukan sambal pecak. Mungkin hanya sambal tomat atau sambal terasi biasa. Padahal sambal pecak yang memiliki citarasa pedas, asam, dan gurih sangat tepat dinikmati dengan berbagai bahan protein yang digoreng. Tidak terkecuali, lele goreng yang bisa Anda masak sendiri di rumah.

Memang benar, Anda dapat memasak resep lele goreng sambal pecak di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan di pasar tradisional. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ikan lele segar
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sachet bumbu marinasi
  5. ½ gelas air
  6. 250 ml minyak goreng

Bahan untuk sambal pecak

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 10 buah cabai merah keriting
  3. 3 buah cabai hijau besar
  4. 1 buah tomat merah
  5. 5 siung bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. 2 cm kencur
  8. ½ sendok teh terasi digoreng
  9. 1 sendok teh asam Jawa dilarutkan dengan 1 sendok makan air matang
  10. 1 buah jeruk nipis
  11. ¼ gelas air panas
  12. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  13. ½ sendok teh kaldu bubuk
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Oseng Ikan Pindang yang Mudah, Murah, dan Rasanya Lezat

Bahan pelengkap untuk lalapan

  1. 1 buah timun dikupas dan dipotong-potong
  2. ¼ buah kol dipotong

Cara memasak lele goreng sambal pecak

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep lele goreng sambal pecak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan lele di bawah air mengalir. Anda yang membelinya masih hidup tentu harus menyembelihnya dulu satu per satu. Lebih baik membelinya dalam kondisi sudah mati dan bersih dari pedagangnya. 
  2. Setelah itu, masukkan semua ikan lele ke dalam wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, cuci bersih lagi semua ikan lele di bawah air mengalir.
  3. Masukkan lagi semua ikan lele ke dalam wadah baskom. Siapkan sebuang mangkuk, lalu tuangkan bumbu marinasi ke dalamnya. Campur dengan air dan aduk merata. Setelah itu, tuangkan bumbu marinasi tersebut ke dalam baskom berisi ikan lele. Aduk merata dan diamkan sekitar 20 menit agar bumbu meresap ke dalam ikan lele.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan satu per satu ikan lele yang sudah dibumbui ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa membolak-balikkannya agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  5. Langkah berikutnya membuat sambal pecak. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. 
  6. Siapkan cobek, lalu tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan kencur, terasi, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Setelah itu, uleg semua bahan tersebut hingga lembut. Tambahkan air asam Jawa, lalu siram dengan air panas. Aduk merata sambil diberi perasan jeruk nipis. Sambal pecak sudah jadi.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata ikan lele goreng yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal pecak dan lalapannya. Anda bisa langsung menyiram sambalnya diatas ikan lele. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Puding Roti Tawar Kukus Rumahan

Mudah bukan memasak resep lele goreng sambal pecak? Silahkan Anda praktikkan di rumah karena sangat cocok untuk makan siang maupun makan malam. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan