Lompat ke konten
Home » Resep Rica-Rica Bebek Khas Manado Memang Rasanya Pedas dan Mantul

Resep Rica-Rica Bebek Khas Manado Memang Rasanya Pedas dan Mantul

Rica-Rica Bebek (3)

Resep rica-rica bebek

Resep rica-rica bebek juga tidak kalah enaknya dengan berbahan ayam. Diketahui menu kuliner ini berasal dari Kota Manado, Sulawesi Utara.

Tekstur daging bebek yang lebih tebal dan gurih menjadikan bumbu rica-ricanya menjadi perpaduan yang sangat lezat di lidah.

Biasanya, rica-rica berbahan ayam tetapi sekarang menggunakan daging bebek. Perlu diingat, daging bebek harus lebih lama dimasak agar rasanya tidak alot. Adapun bumbu rica-ricanya tetap menggunakan berbagai rempah khas Nusantara.

Anda mungkin sulit atau jarang menemukan masakan rica-rica bebek di warung atau rumah makan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasaknya sendiri saja di rumah jika penasaran dengan rasanya.

Lalu, apa saja bahan dan bumbunya serta cara memasaknya? Berikut resep rica-rica bebek selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor bebek segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 7 lembar daun jeruk dirajang halus
  4. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  5. 2 cm jahe digeprek
  6. 1 liter air
  7. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  8. 1 sendok teh garam
  9. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Sajian Soto Babat yang menggugah selera, Ini Resepnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri
  4. 15 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 5 buah cabai merah keriting

Cara memasak rica-rica bebek

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep rica-rica bebek dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu bebek di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong menjadi sekitar 10 bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Ambil sebuah wadah baskom, lalu masukkan semua potongan bebek ke dalamnya. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan aduk merata. Diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas daging bebek dengan air mengalir lagi hingga bersih. Sisihkan.
  3. Siapkan panci, lalu rebus daging bebek hingga berbusa. Pastikan air untuk merebus menenggelamkan semua potongan bebek. Angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, jahe, dan serai. Tumis hingga semuanya layu.
  5. Setelah itu, masukkan potongan bebek ke dalam wajan dan aduk merata dengan tumisan bumbu hingga berubah warna.
  6. Tuangkan air dan kecilkan api kompor. Lalu, bumbui dengan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata dan masak hingga airnya menyusut.
  7. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk lagi secukupnya, lalu aduk merata. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan rica-rica bebek yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat Anda ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Seblak Mie Instan, Sajian Enak kala Musim Hujan

Resep rica-rica bebek sudah selesai dimasak dan siap disantap. Rasanya dijamin pedas, lezat, dan mantul. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Jika sudah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info