Lompat ke konten
Home » Yuk buat Nasi Mandhi Daging Ayam ala Indonesia

Yuk buat Nasi Mandhi Daging Ayam ala Indonesia

Nasi Mandhi Daging Ayam (1)

Resep nasi mandhi

Resep nasi mandhi merupakan sebuah masakan berbahan nasi Basmati khas Timur Tengah. Ciri khasnya adalah penggunaan nasi Basmati yang ukurannya lebih panjang dibanding nasi putih di Indonesia.

Ciri khas lainnya, yaitu penggunaan sejenis rempah kuning bernama Apron yang berasal dari Timur Tengah. Oleh karena itu, jangan heran jika nasi mandhi berwarna kuning, seperti nasi kuning di Inddonesia, tetapi rasa gurihnya berbeda.

Menu nasi mandhi biasanya dijual di rumah makan atau restoran khas Timur Tengah. Apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang, banyak yang memasannya agar bisa menikmati puasa seperti di negara Timur Tengah.

Nasi mandhi biasanya disajikan dengan potongan daging kambing muda. Namun, Anda bisa menggantinya dengan daging ayam.

Lalu, bagaimana resep nasi mandhi selengkapnya untuk bisa mempraktikkannya? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 500 gram beras basmati
  2. 1 ekor daging ayam
  3. 2 siung bawang bombay dicincang halus
  4. 5 siung bawang putih dicincang halus
  5. 2 buah cabai hijau besar dipotong-potong
  6. 1500 ml air panas mendidih
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok makan minyak goreng untuk pengasapan
  9. Bubuk kunyit untuk pewarna kuning alami
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Arang secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu rempah bubuk

  1. 1 sendok teh lada bubuk
  2. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  3. ½ sendok teh jintan bubuk

Bumbu cemplung

  1. 3 buah cengkih
  2. 5 buah kapulaga
  3. 3 cm batang kayu manis
  4. 15 butir lada hitam utuh
  5. 2 lembar daun waraqah/bayleaf
Baca Juga :  Yuk, Bikin Tahu Gejrot Khas Cirebon yang Rasanya Umami

Bahan pelengkap

  1. Kismis kuning yang sudah ditumis secukupnya
  2. Irisan jeruk lemon secukupnya
  3. Irisan bawang bombay secukupnya

Cara memasak nasi mandhi

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep nasi mandhi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Cuci bersih beras Basmati di bawah air mengalir. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Bersihkan juga daging ayam di bawah air mengalir. Potong beberapa bagian sesuai selera Anda. Setelah itu, rebus sekitar 30 menit hingga mengeluarkan busa. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  4. Tambahkan satu per satu semua bumbu cemplung yang sudah disiapkan. Aduk merata hingga layu. Setelah itu, bumbui dengan lada bubuk, jintan bubuk, dan ketumbar bubuk. Aduk merata.
  5. Selanjutnya, masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk merata hingga berubah warna. Setelah itu, tuangkan air panas mendidih yang sudah disiapkan ke dalam wajan. Tambahkan kaldu bubuk dan garam. Masak dan ungkep hingga daging ayam empuk.
  6. Setelah daging ayam matang dan empuk. Angkat dan tiriskan. Masukkan ke dalam wadah tertutup agar tidak keras.
  7. Siapkan panci ukuran sedang. Setelah itu, masukkan air sisa ungkepan daging ayam ke dalamnya. Nyalakan api kompor kecil dan masak hingga mendidih.
  8. Anda bisa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan saja kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar.
  9. Setelah itu, masukkan potongan cabai hijau besar dan beras Basmati yang sudah dibersihkan. Aduk merata. Pastikan komposisi beras dan air rebusan sudah pas. Jika airnya terlalu banyak, Anda bisa menguranginya. Sebaliknya, jika airnya masih kurang, Anda dapat menambahkan secukupnya.
  10. Tutup panci dan masak hingga nasi matang. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup panci. Biarkan sejenak agar uap panasnya hilang.
  11. Larutkan bubuk kunyit dengan 1 sendok air, lalu siram diatas nasi Basmati yang sudah matang. Aduk sebentar dan tutup lagi pancinya.
  12. Siapkan wajan teflon dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah itu, panggang potongan ayam sebentar saja untuk mendapatkan aroma panggangnya. Sisihkan.
  13. Selanjutnya, bakar arang secukupnya hingga bara api merahnya menyala. Lalu, masukkan arang yang sudah terbakar itu ke dalam sebuah cup atau cangkir kecil dari logam. Siram dengan 1 sendok makan minyak goreng diatasnya hingga mengeluarkan asap. Setelah itu, masukkan cup atau cangkir itu ke dalam panci yang berisi nasi Basmati. Tutup lagi pancinya dan biarkan sekitar 15 menit. Anda bisa mengaduk nasinya dan menutup lagi pancinya.
  14. Siapkan nampan ukuran sedang untuk plating. Lalu, tuangkan nasi Basmati yang sudah matang diatas nampan. Taburi dengan kismis, irisan bawang bombay, dan jeruk lemon secukupnya. Setelah itu, letakkan dan tata daging ayam yang sudah matang diatas nasinya.
Baca Juga :  Buntut Sapi Rica-Rica ala Restoran, Enak Rasanya Mudah Dibuat

Itulah resep nasi mandhi yang bisa Anda coba praktikkan di rumah. Bahan dan cara memasaknya memang agak rumit. Namun, rasanya dijamin mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info