Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Garang Asem Daging Sapi yang Cocok Kebersamaan

Resep Garang Asem Daging Sapi yang Cocok Kebersamaan

Garang Asem Daging Sapi (1)

Resep garang asem daging sapi

Resep garang asem daging sapi juga menjadi salah satu menu masakan yang bisa Anda masak saat merayakan Hari Raya Idul Adha.

Biasanya, persediaan daging sapi atau kambing di rumah cukup banyak, sehingga perlu segera diolah jika tidak ingin membusuk.

Anda mungkin sudah bosan memasak menu masakan berbahan daging sapi yang itu-itu saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memasak garang asem daging sapi.

Biasanya, garang asem dimasak menggunakan daging ayam. Namun yang sekarang, menggunakan bahan daging sapi dan tidak perlu dibungkus daun pisang, sehingga lebih praktis.

Adapun bahan, bumbu, serta cara memasak resep garang asem daging sapi selengkapnya silahkan dibaca pada uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi atau tetelan sapi segar
  2. 2 helai buncis dipotong kecil
  3. 1½ liter air kaldu sapi
  4. 5 siung bawang putih diiris tipis
  5. 3 butir bawang merah diiris tipis
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 5 buah tomat hijau dipotong-potong
  9. 1 buah tomat merah dipotong
  10. 5 buah cabai hijau besar dipotong-potong
  11. 5 buah cabai merah besar dipotong-potong
  12. 1 sendok makan asam Jawa diseduh pada ½ gelas air hangat
  13. 2 sendok makan kecap manis
  14. ½ sendok teh garam
  15. ½ sendok teh gula pasir
  16. Kaldu bubuk sapi secukupnya
  17. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Nasi Ayam Kari, Masakan untuk Sarapan Pagi atau Bekal Seluruh Keluarga

Cara memasak garang asem daging sapi

Setelah semua bahan diatas lengkap disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep garang asem daging sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging atau tetelan sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang dan rebus daging di air mendidih sekitar 45 menit. Angkat, tiriskan, lalu potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan. Sementara itu, air kaldu bekas rebusan daging jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga berwarna kekuningan. Setelah itu, masukkan bawang merah, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga harum dan layu.
  3. Masukkan potongan buncis, cabai merah, dan cabai hijau. Aduk merata. Matikan kompor dan ganti dengan memanaskan kaldu sapi sisa rebusan daging tadi. Panaskan dengan api kompor kecil saja.
  4. Setelah itu, masukkan semua tumisan dan potongan daging ke dalam panci. Aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  5. Masukkan juga potongan tomat dan seduhan air asam Jawa. Aduk merata. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kecap manis. Aduk merata lagi dan jangan lupa dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakannya.
  6. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan garang asem daging sapi yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Rendang Daging Sapi Biar Empuk Dan Enak, Begini Resepnya!

Jadi, memasak resep garang asem daging sapi ternyata tidak terlalu sulit. Anda bisa mempraktikkannya di rumah dengan bahan-bahan mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan