Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Es Dawet Ireng Purworejo, Minuman Dingin yang Menyegarkan di Hari Panas

Resep Es Dawet Ireng Purworejo, Minuman Dingin yang Menyegarkan di Hari Panas

Es Dawet Ireng Purworejo (1)

Resep es dawet ireng Purworejo

Resep es dawet ireng Purworejo menjadi salah satu kuliner berwujud minuman yang sangat cocok dinikmati pada saat musim kemarau seperti sekarang.

Biasanya, dawet atau cendol sebagai bahan utamanya berwarna hijau dengan memakai pewarna alami dari daun pandan.

Namun kenyataannya, tidak sedikit penjual es dawet menggunakan pewarna buatan yan tentu kurang menyehatkan.

Berbeda dengan es dawet khas Purworejo, Jawa Tengah memiliki warna ireng atau hitam.

Dimana warna tersebut dihasilkan dari campuran merang atau batang padi yang sudah dibakar terlebih dulu.

Setelah itu, adonan dawetnya bisa dibuat dengan tekstur yang kenyal. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Purworejo hanya untuk menikmai es dawetnya karena bisa membuatnya sendiri.

Lalu, bagaimana resep es dawet ireng Purworejo selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram tepung sagu
  2. 1 genggam merang atau batang padi yang sudah dibakar hingga menjadi abu
  3. 1 liter air
  4. 500 ml santan
  5. 1 sendok teh garam
  6. Es batu secukupnya
Baca Juga :  Cara Membuat Es Kopi Susu Dengan Gula Aren

Bahan untuk sirup gula Jawa

  1. 250 gram gula Jawa
  2. 100 gram gula pasir
  3. 250 ml air
  4. 2 lembar daun pandan

Cara membuat es dawet ireng Purworejo

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan resep es dawet ireng Purworejo dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat sirup gula Jawanya dulu. Caranya, siapkan panci ukuran sedang, lalu masukkan semua bahannya yang sudah disiapkan satu per satu. Setelah itu, rebus dengan api kompor kecil sambil diaduk perlahan sampai mendidih dan gula Jawanya larut.
  2. Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan beberapa saat hingga agak mendingin. Setelah itu, saring sirupnya dan sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah baskom, lalu larutkan semua tepung sagu yang sudah disiapkan dengan 500 ml air. Setelah itu, saring menggunakan kain bersih.
  4. Siapkan wadah baskom lainnya, lalu larutkan merang yang sudah menjadi abu dengan 500 ml air. Aduk hingga merata dan berwarna hitam, lalu saring dengan air bersih.
  5. Langkah berikutnya, siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus menggunakan api kompor kecil larutan merang hingga mendekati mendidih. Setelah itu, masukkan adonan tepung sagu ke dalam panci. Aduk perlahan hingga matang dan teksturnya seperti bubur. Lalu, matikan kompor.
  6. Siapkan baskom lain berisi air dingin dengan saringan atau cetakan dawet diatasnya. Anda bisa menggunakan saringan kelapa atau sejenisnya. Setelah itu, tuangkan adonan dawet yang sudah matang ke dalam saringan dan biarkan turun melalui saringan, lalu jatuh ke dalam baskom berisi air dingin. Setelah adonan habis dan menjadi cendol dawet, tiriskan.
  7. Waktunya plating. Siapkan mangkuk atau gelas saji untuk plating. Lalu, beri cendol hitam secukupnya, tuangkan santan, dan beri sirup gula Jawa sekitar 2 sendok makan atau sesuai selera Anda. Jangan lupa beri es batu secukupnya.
Baca Juga :  Resep Bajigur Khas Jawa Barat yang Harus Anda Coba Buat di Rumah

Itulah resep es dawet ireng Purworejo selengkapnya yang bisa Anda coba buat di rumah. Dijamin rasanya yang segar, manis, dan gurih sangat cocok diminum pada siang hari yang panas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan