Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Kembang Kol Asam Manis yang Lezat di Rumah

Memasak Resep Kembang Kol Asam Manis yang Lezat di Rumah

kembang kol asam manis (1)

Resep kembang kol asam manis

Resep kembang kol asam manis menjadi sebuah informasi memasak kuliner yang perlu Anda ketahui karena masakannya yang lezat dengan cara memasaknya cukup mudah.

Sangat cocok bagi Anda sekalian yang sibuk setiap harinya apalagi untuk menyiapkan sarapan pagi atau untuk menu makan siang.

Silahkan saja memasak kembang kol bumbu asam manis yang dijamin rasanya mantul. Selain itu, bahan dan bumbunya mudah dan murah di dapatkan karena bisa Anda beli di pasar tradisional atau supermarket terdekat tempat tinggal.

Lalu, bagaimana resep kembang kol asam manis selengkapnya yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 100 gram daging ayam tanpa tulang dan kulit
  2. 250 gram kembang kol segar
  3. Air secukupnya

Bahan saus asam manis

  1. ½ butir bawang bombay dicincang halus
  2. 2 siung bawang putih dicincang halus
  3. 3 sendok makan saus tomat
  4. 150 ml air kaldu ayam
  5. 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan 2 sendok makan air matang
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok teh kaldu bubuk
  9. ¼ sendok teh merica bubuk
  10. 1 sendok makan margarin untuk menumis
Baca Juga :  Resep membuat Lumpia Semarang, Renyah Kulitnya dan Kenyal Dagingnya

Cara memasak kembang kol asam manis

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kembang kol asam manis dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus dengan air sekitar 200 ml hingga mendidih dan mengeluarkan kaldu. Setelah daging ayam matang, angkat dan sisihkan dulu.
  2. Sementara itu, air kaldu sisa rebusan jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak. Setelah daging ayam tidak begitu panas, iris kecil-kecil. Sisihkan.
  3. Anda juga harus mencuci bersih semua kembang kol di bawah air mengalir. Setelah itu, potong kecil-kecil dan rebus sekitar 5 menit saja hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Langkah berikutnya membuat saus asam manis. Caranya, panaskan dulu wajan penggorengan dan beri margarin yang sudah disiapkan. Setelah margarin meleleh, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  5. Tambahkan saus tomat dan air kaldu sisa merebus daging ayam. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  6. Setelah itu, masukkan larutan tepung maizena dan aduk merata lagi hingga kuahnya mengental. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata.
  7. Setelah itu, masukkan kembang kol dan daging ayam yang sudah disiapkan. Aduk merata. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya pas. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan kembang kol asam manis yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda juga bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Nugget Tahu Wortel, Bekal Sehat Sekolah

Ternyata memasak resep kembang kol asam manis tidak begitu sulit untuk dipraktikkan. Oleh karenanya, silahkan Anda mencobanya karena dijamin rasanya mantul.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info