Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Daging Goreng Ketumbar, Lauk Makan Siang yang Dijamin Mantul

Resep Daging Goreng Ketumbar, Lauk Makan Siang yang Dijamin Mantul

daging goreng ketumbar

Resep daging goreng ketumbar

Resep daging goreng ketumbar menjadi salah satu menu alternatif yang pastinya lezat dan kaya akan protein.

Biasanya daging dimasak dengan direbus, ditumis, atau disate dengan rasa yang sudah bisa ditebak banyak orang.

Namun sekarang, daging akan dimasak dengan cara digoreng. Tentu saja dagingnya sudah direbus sekaligus dimarinasi terlebih dulu dengan bumbu ketumbar.

Setelah itu, daging digoreng hingga matang dan lembut teksturnya. Dijamin, Anda sekalian menyukainya dan cocok untuk lauk makan siang bersama nasi putih hangat.

Lebih cocok lagi dilengkapi dengan sambal yang disesuaikan selera Anda masing-masing, seperti sambal terasi, sambal goreng, sambal tomat, atau yang lainnya.

Lalu, bagaimana resep daging goreng ketumbar yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging sapi segar
  2. 4 cm jahe digeprek
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh gula Jawa
  5. Air secukupnya untuk merebus daging
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 sendok teh ketumbar bubuk

Bahan sambal

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah
  4. 2 buah cabai merah besar
  5. 1 buah tomat merah dipotong dua
  6. 1 sendok teh gula Jawa
  7. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Mudah! Begini Resep Lumpia Semarang Isi Udang yang Renyah dan Gurih

Cara memasak daging goreng ketumbar

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep daging goreng ketumbar dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus daging bersama setengah jahe yang sudah disediakan hingga mendidih dan mengeluarkan kaldunya. Anda juga bisa menggunakan panci presto, jika memilikinya agar daging cepat empuk.
  2. Matikan kompor dan angkat daging. Sisihkan sejenak agar tidak terlalu panas. Setelah itu, iris tipis-tipis daging. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua bumbu halus, jahe, garam, dan gula Jawa. Aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  4. Setelah itu, masukkan semua irisan daging ke dalam baskom yang berisi bumbu, lalu aduk merata dan guling-gulingkan. Pastikan semua permukaan daging terlumuri bumbu. Diamkan sekitar 30 menit di dalam kulkas agar bumbu meresap dan jangan lupa menutup baskomnya.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan satu per satu irisan daging ke dalam wajan.
  6. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Langkah berikutnya membuat sambal. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng bekas menggoreng daging sebelumnya hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja. Setelah minyak panas, tumis semua bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat. Tumis hingga setengah matang saja.
  8. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan diatasnya. Tambahkan garam dan gula Jawa, lalu uleg hingga lembut.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan semua daging goreng ketumbar yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal dan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Penasaran dengan Rasa Resep Udang Saus Kecombrang? Baca Dulu Resepnya Berikut

Anda bisa mempraktikkan resep daging goreng ketumbar diatas sekarang juga. Dijamin rasanya mantul dan jangan lupa ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan