Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Konro Bakar Bumbu Kacang Khas Makasar yang Dijamin Mantul Rasanya

Resep Konro Bakar Bumbu Kacang Khas Makasar yang Dijamin Mantul Rasanya

konro bakar bumbu kacang (2)

Resep konro bakar bumbu kacang

Resep konro bakar bumbu kacang merupakan kuliner khas Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Makanan yang satu ini memang cukup populer, bukan hanya di daerah asalnya, tetapi hingga di Pulau Jawa.

Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari bahan utamanya, yaitu iga sapi bakar yang diberi bumbu kacang. Dimana bagian iga sapi hanya terdiri atas daging dengan tekstur lembut dan tidak keras, asalkan cara mengolahnya benar.

Sementara itu, konro ada yang dimasak versi berkuah, yaitu sop konro. Namun sekarang, Anda sekalian bisa mengetahui cara memasak konro versi dibakar.

Untuk lebih jelasnya tentang resep konro bakar bumbu kacang yang direkomendasikan, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 kg iga sapi segar ukuran sedang
  2. 3 lembar daun jeruk
  3. 1 lembar daun salam
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 3 cm lengkuas digeprek
  6. 3 cm kayu manis
  7. 5 butir cengkih
  8. 2 liter air
  9. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok makan ketumbar bubuk
  4. 1 sendok teh merica butiran
  5. 1 buah kluwek dipecah dan diambil isinya
  6. 5 buah cabai merah besar
  7. ½ buah pala diparut
  8. 1 sendok teh kunyit bubuk
  9. 2 sendok makan garam
  10. 2 sendok makan gula pasir

Bahan untuk bumbu kacang

  1. 150 gram kacang tanah goreng
  2. 2 sendok makan gula Jawa
  3. 1 sendok teh terasi
  4. 3 butir bawang merah diiris tipis
  5. 2 siung bawang putih diiris tipis
  6. 3 buah cabai merah besar dipotong kecil
  7. ½ sendok teh garam
  8. 3 sendok makan kecap manis
  9. 8 buah asam Jawa dilarutkan dengan 2 sendok makan air panas
  10. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Resep Kakap Goreng Saus Mangga, Sajian Berkelas Restoran yang Dimasak di Rumah

Cara memasak konro bakar bumbu kacang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep konro bakar bumbu kacang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu iga sapi di bawah air mengalir, lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Setelah itu, rebus iga selama 3 menit saja, lalu buang airnya dan bilas dengan air bersih. sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng 2 sendok makan untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan daun jeruk, daun salam, batang serai, lengkuas, kayu manis, dan cengkin. Tumis dan aduk merata hingga layu, lalu tuangkan airnya. Kecilkan api kompornya.
  4. Setelah itu, masukkan iga sapi ke dalam wajan dan rebus hingga mendidih dan airnya menyusut. Anda yang memiliki panci presto bisa menggunakannya agar bisa mengempukkan daging iga lebih cepat.
  5. Pastikan iga sudah empuk. Jika belum, Anda dapat menambahkan airnya untuk direbus lagi hingga benar-benar empuk. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  6. Langkah berikutnya membuat bumbu kacang. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum.
  7. Siapkan cobek, lalu tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan  gula Jawa, terasi, garam, kecap manis, dan larutan asam Jawa. Uleg dan haluskan dulu. Setelah itu, tambahkan kacang tanah goreng dan uleg hingga lembut. Sambil diuleg, silahkan dituangkan air sedikit demi sedikit hingga bumbu kacangnya kalis. Anda bisa mencicipi sedikit bumbu kacangnya untuk mengkoreksi rasanya.
  8. Langkah berikutnya memanggang iga sapi. Siapkan dulu tempat pemanggangannya, lalu letakkan iga sapi diatasnya. Panggang hingga berwarna kecoklatan di semua sisinya. Jangan lupa mengoleskan lagi bumbu ungkepan konro yang masih tersisa pada iganya sambil terus dipanggang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan konro bakar yang sudah matang diatasnya. Setelah itu, Anda bisa menyiram iganya langsung dengan bumbu kacang atau menaruhnya di mangkuk terpisah. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Cocok untuk Vegetarian, Resep Lasagna Bayam Praktis dan Enak

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui langkah-langkah mendetail cara memasak resep konro bakar bumbu kacang khas Makasar yang direkomendasikan. Jadi, jangan lupa untuk mempraktikkannya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan