Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tumis Ayam Jamur Pedas, Menu Lauk Makan Siang yang Mudah Dimasak

Resep Tumis Ayam Jamur Pedas, Menu Lauk Makan Siang yang Mudah Dimasak

Tumis Ayam Jamur Pedas

Resep tumis ayam jamur pedas

Resep tumis ayam jamur pedas menjadi salah satu yang direkomendasikan karena semua bahannya mudah dan murah untuk didapatkankan.

Selain itu, cara memasaknya juga tidak begitu sulit. Anda yang jarang memasak juga bisa membuat masakannya tersebut di rumah. Bahan utamanya adalah daging ayam dan jamur tiram.

Sementara itu, bumbunya bisa disesuaikan tingkat kepedasannya sesuai selera Anda masing-masing.

Setelah matang, sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat untuk makan siang. Daripada Anda makan siang membeli lauk di luar, lebih baik coba memasak tumisan ayam jamur ini yang dijamin rasanya mantap.

Sebelum memasaknya, silahkan membaca dulu resep tumis ayam jamur pedas selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 potong dada ayam segar tanpa tulang
  2. 100 gram jamur tiram segar
  3. 6 butir bawang merah diiris tipis
  4. 3 siung bawang putih diiris tipis
  5. 5 buah cabai rawit merah dipotong kecil
  6. 2 buah cabai merah besar diiris serong
  7. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  8. 1 sendok makan saus tiram
  9. 1 sendok makan kecap manis
  10. 1 sendok teh kecap asin
  11. 100 ml air matang
  12. ¼ sendok teh garam
  13. ¼ sendok teh merica bubuk
  14. 1 sendok teh tepung maizena dilarutkan dengan 1 sendok makan air
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Bagaimana Cara Membuat Lumpia Goreng Khas Semarang yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Cara memasak tumis ayam jamur pedas

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tumis ayam jamur pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong-potong seukuran jari. Bersihkan juga semua jamur tiram di bawah air mengalir, lalu dipotong-potong sesuai selera.
  2. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum.
  3. Setelah itu, tambahkan bawang merah dan semu cabai. Aduk merata. Masukkan semua potongan ayam dan masak hingga berubah warna.
  4. Selanjutnya, masukkan potongan jarum tiram dan aduk merata lagi. Bumbui dengan saus tiram, kecap manis, dan kecap asin. Aduk merata.
  5. Setelah itu, tuangkan air ke dalam wajan dan kecilkan api kompornya, aduk merata. Bumbui lagi dengan garam dan merica bubuk. Jangan lupa tuangkan larutan maizena dan aduk perlahan hingga kuahnya mengental.
  6. Masak hingga kuahnya agak menyusut dan pastikan daging ayam matang. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa dan tingkat kematangannya. Jika sudah pas, matikan kompor karena masakan bisa segera disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan tumis ayam jamur pedas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Masakan Thailand yang Cocok untuk Lidah Warga +62

Sekarang, Anda sekalian sudah mengenal cara memasak resep tumis ayam jamur pedas yang direkomendsikan. Selanjutnya, silahkan dicoba sendiri di rumah untuk menu lauk makan siang hari ini. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan