Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Singkong Goreng Bumbu Balado, Cemilan Lezat, Hangat, dan Mengenyangkan Perut

Resep Singkong Goreng Bumbu Balado, Cemilan Lezat, Hangat, dan Mengenyangkan Perut

singkong goreng bumbu balado (1)

Resep singkong goreng bumbu balado

Resep singkong goreng bumbu balado bisa Anda praktikkan di rumah dengan mudah, praktis, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Setelah matang, singkong gorengnya dapat dijadikan cemilan hangat, enak, dan mengenyangkan perut.

Bukan hanya sekedar singkong goreng biasa, tetapi sudah diberi bumbu balado bubuk yang dicampurkan. Jadi, rasanya lebih kekinian, sehingga anak-anak kecil juga menyukainya.

Selain itu, singkong yang mengandung karbohidrat di dalamnya juga mengenyangkan perut. Semua bahan untuk membuatnya mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau.

Namun setelah matang, dijamin rasanya menggoyang lidah Anda. Jika masih belum mempercayainya, silahkan membuktikan sendiri dengan membuatnya di rumah. Namun sebelumnya, baca dulu resep singkong goreng bumbu balado berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 – 3 buah singkong ukuran sedang
  2. 2½ sendok makan garam
  3. 7½ sendok makan bubuk bawang putih
  4. 70 gram bubuk balado instan untuk taburan
  5. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep membuat Veggie Stir Fry, hidangan sehat yang lezat

Bahan untuk perendam singkong

  1. 15 siung bawang putih
  2. 1,5 liter air
  3. 2½ sendok makan garam
  4. 2 sendok teh merica bubuk
  5. 4 sendok teh kunyit bubuk

Cara membuat singkong goreng bumbu balado

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep singkong goreng bumbu balado dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan kupas dulu kulit semua singkong yang sudah disiapkan. Setelah itu, cuci bersih di bawah air mengalir. Jika ukuran singkong cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua bahan perendam ke dalamnya satu ber satu. Aduk merata. Setelah itu, rendam singkong ke dalam bahan rendaman sekitar 30 menit.
  3. Siapkan panci kukusan, lalu kukus semua singkong yang sudah dimarinasi sebelumnya hingga mekar dan matang. Setelah itu, angkat dan sisihkan dulu.
  4. Setelah agak mendingin, potong dadu singkongnya. Lalu, masukkan ke dalam wadah baskom lainnya dan campurkan dengan garam serta bubuk bawang putih. Aduk merata.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng singkong. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan potongan singkong ke dalam minya. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan kering. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  6. Siapkan toples ukuran sedang, lalu masukkan singkong goreng ke dalamnya. Setelah itu, tambahkan bubuk balado yang sudah disiapkan. Tutup rapat toples, lalu kocok agar singkong dan bubuk balado tercampur rata.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan singkong goreng bumbu balado yang sudah matang diatasnya. Anda juga bisa langsung mencicipi singkong gorengnya dari toples.
Baca Juga :  Resep Membuat Es Krim Seperti Walls

Cukup mudah bukan membuatnya? Silahkan Anda praktikkan sendiri resep singkong goreng bumbu balado dengan beberapa langkah seperti diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan