Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Acar Bawang Putih yang Populer di Tiktok

Resep Acar Bawang Putih yang Populer di Tiktok

Acar Bawang Putih (1)

Resep Acar Bawang Putih

Acar bawang putih? Siung bawang putih utuh yang sudah dikupas ditambahkan ke air garam beraroma dalam resep sederhana untuk acar bawang putih ini. Cuka putih, merah, atau cuka semuanya dapat digunakan sebagai cuka bening.

Acar bawang putih dapat dibuat dengan cepat dan dengan hasil yang baik jika kamu mengikuti beberapa panduan.

Buat acar terbaik dengan membeli bawang putih segar yang bisa ditemukan. Siung bawang putih segar yang keras dan bebas bercak coklat atau bintik-bintik.

Sebelum mengasinkan bawang putih harus direbus. Senyawa dalam bawang putih yang disebut allicin dapat bereaksi dengan cuka untuk mengubah siung menjadi biru kehijauan.

Hal ini dapat terjadi jika menggunakan cengkih yang lebih tua, airnya mengandung mineral tertentu, atau cengkeh bersentuhan dengan tembaga atau besi tuang.

Merebus bawang putih terlebih dahulu dapat membantu setidaknya menonaktifkan sebagian senyawa tersebut, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi ini.

Jangan khawatir jika bawang putih membiru dengan sendirinya. Acar bawang putih akan terasa enak, dan warnanya tidak berbahaya dan tidak berasa.

Baca Juga :  Lumpia High Class, Jajanan Rakyat Rasa Mendunia

Acar bawang putih setelah direbus, bawang putih bisa ditiriskan. Air garam dapat dibuat dengan cuka putih atau merah.

Cuka anggur putih memiliki rona lebih terang, sedangkan cuka anggur merah memiliki rona kemerahan.

Untuk sedikit variasi, kamu juga bisa mencoba cuka beras tanpa bumbu, atau cuka sari. Hindari cuka manis seperti cuka balsamic dan malt, yang dapat mengalahkan rasa.

Selain itu, pengawetan membutuhkan penggunaan garam halal. Garam halal, berbeda dengan garam meja, tidak mengandung yodium tambahan, yang dapat menyebabkan larutan menjadi keruh dan juga menyebabkan perubahan warna.

Acar bawang putih dapat digunakan untuk banyak hal! Meskipun acar bawang putih tidak memiliki rasa yang kuat seperti bawang putih mentah, rasa bawang putihnya tetap terjaga dan memiliki tekstur yang renyah.

Acar bawang putih dapat ditambahkan ke salad pasta atau dicincang dan disajikan sebagai bagian dari olesan antipasti.

Bahkan dapat ditambahkan ke tumisan dan berfungsi sebagai dasar yang sangat baik. Untuk aioli yang tajam, bisa menggabungkan acar bawang putih cincang dengan mayones atau memasukkannya ke dalam zaitun hijau diadu untuk hiasan Bloody Mary.

Baca Juga :  Membuat Kroket kentang udang untuk Bekal Anak Sekolah

Bawang putih yang sudah dipetik dapat disimpan hingga sebulan di dalam lemari es.

Bahan – Bahan :

  1. 1 cangkir bawang putih kupas, potong setengah jika besar
  2. 23 gelas air
  3. 13 cangkir cuka putih atau merah
  4. 14 cangkir gula
  5. 1 ¼ sendok teh garam halal
  6. ½  merica hitam utuh
  7. ½ sendok teh biji sesawi
  8. ½ sendok teh biji adas
  9. ½ sendok teh lada merah yang dihancurkan.

Cara Membuat :

  1. Didihkan panci kecil berisi air dengan api besar. Aduk bawang putih setelah tiga menit, lalu keringkan. Bawang putih harus dipindahkan ke stoples kaca tahan panas dengan penutup yang pas dan menampung dua cangkir.
  2. Dalam panci kecil, campurkan merica, biji sesawi, biji adas, cabai merah tumbuk, 1/3 cangkir air, cuka, gula, dan garam. Aduk hingga mendidih dengan api besar dan larutkan garam dan gula. Isi toples dengan larutan pengawet panas. Biarkan dingin hingga suhu kamar. Agar rasa mengembang, tutup dan simpan di lemari es minimal 8 jam.
Baca Juga :  Resep Sukun Goreng Bawang Empuk, Siap Temani Nonton Bola

Catatan : Simpan di lemari es hingga sebulan. Stoples 2 cangkir untuk pengalengan

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan