Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Apa Itu Resep Kalio Bebek? Berikut Informasi Lengkapnya

Apa Itu Resep Kalio Bebek? Berikut Informasi Lengkapnya

Resep Kalio Bebek (1)

Resep kalio bebek

Ada resep kalio bebek yang sangat menarik untuk diketahui informasi selengkapnya. Namun sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui kalio itu apa?

Perlu Anda ketahui bahwa kalio merupakan sebuah tahapan di proses memasak masakan rendang khas Minang, Sumatra Barat.

Jika memasak rendang harus ditunggu hingga bumbu dan santannya surut serta mengering. Sementara untuk kalio, proses memasaknya hanya sampai bumbu dan santannya mengental, tetapi jangan sampai pecah.

Dilihat dari konsistensi bumbunya, mungkin sedikit lebih kental dari gulai. Hal tersebut bisa dilihat dari kuahnya.

Nah, memasak kalio semacam itu juga bisa menggunakan daging bebek. Diketahui bahwa teskstur daging bebek yang lebih keras dan tebal memang perlu dimasak lama.

Sementara untuk bumbu kalionya, kurang lebih sama seperti bumbu untuk memasak rendang. Lalu, bagaimana resep kalio bebek selengkapnya? Berikut informasi selengkapnya yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor bebek segar ukuran sedang
  2. ½ sendok teh garam (marinasi bebek)
  3. 1 buah jeruk nipis (marinasi bebek)
  4. 800 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  5. 1 liter santan encer
  6. 3 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  7. 2 lembar daun kunyit
  8. 3 buah asam Jawa
  9. 2 batang serai digeprek
  10. 2 cm lengkuas digeprek
  11. 3 sendok teh garam
  12. 2 sendok makan gula Jawa
  13. Kaldu bubuk secukupnya
  14. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  15. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng
Baca Juga :  Resep Gimmari (Gulungan Rumput Laut Goreng)

Bumbu yang dihaluskan

  1. ½ sendok teh klabet disangrai
  2. 2 cm kunyit dibakar
  3. 6 butir bawang merah
  4. 5 buah cabai rawit merah
  5. 2 buah cabai merah besar
  6. 3 cm jahe

Cara memasak kalio bebek

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kalio bebek dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan dibersihkan dulu daging bebek yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong menjadi 8 – 10 bagian dan masukkan ke dalam baskom. Beri garam dan perasan jeruk nipis, lalu aduk merata sambil dipijit-pjit daging bebeknya.
  2. Diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu, bilas semua daging bebek di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang disediakan untuk menggoreng bebek. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu daging bebek ke dalam wajan. Goreng hingga matang, lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan ganti minyaknya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan daun jeruk, daun kunyit, asam Jawa, batang serai, dan lengkuas. Tumis hingga semua bahan layu dan baunya harum.
  6. Setelah itu, masukkan semua bebek gorengnya ke dalam wajan dan aduk merata dengan bumbu. Bumbui dengan garam dan gula Jawa, lalu aduk lagi merata.
  7. Tuangkan santan kental ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santannya tidak pecah. Setelah mendidih, tuangkan santan encernya ke dalam wajan dan aduk perlahan lagi.
  8. Masak hingga santan mengental dan sedikit menyusut. Pastikan juga daging bebeknya sudah empuk. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya masih kurang sedap, bisa ditambahkan kaldu bubuk secukupnya lalu diaduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakannya bisa disajikan.
  9. Siapkan mangkuk saji ukuran besar untuk plating. Tuangkan masakan bebek kalio yang sudah matang diatas mangkuk dan beri taburan bawang merah goreng secukupnya jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnyaa agar mengenyangkan perut.
Baca Juga :  Resep Salad Kimchi Kubis Napa Segar (Baechu Geotjeori)

Cara memasak resep kalio bebek memang cukup rumit dan lama, seperti memasak rendang. Namun jika langkah-langkahnya benar seperti uraian diatas, dijamin rasanya benar-benar lezat. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah. 

Lihat Video Resep Kalio Bebek

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan