Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kupat Tahu Khas Bandung, Makanan yang Sederhana dan Tetap Mengenyangkan

Resep Kupat Tahu Khas Bandung, Makanan yang Sederhana dan Tetap Mengenyangkan

Resep Kupat Tahu Khas Bandung (1)

Resep kupat tahu

Resep kupat tahu sudah umum diketahui oleh masyarakat Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya, khususnya orang Sunda.

Makanan tersebut seperti salah satu menu wajib untuk sarapan pagi. Oleh karenanya, sangat mudah menemukan penjual kupat tahu di Bandung pada pagi hari.

Meskipun ada banyak menu sarapan lainnya, tetapi kupat tahu tetap menjadi idola karena rasanya yang umami, sederhana, dan harganya terjangkau.

Dimana rasa manis, gurih, pedas, dan asam menjadi satu dalam sepiring porsi kupat tahu. Tentu saja menggunakan dua bahan utamanya, yaitu ketupat dan tahu.

Ditambah touge lalu disiram sambal kacang dan diberi kerupuk. Seporsinya sudah cukup mengenyangkan perut untuk memulai aktifitas di pagi hari.

Anda yang ingin coba membuatnya di rumah harus membaca dulu resep kupat tahu selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 bungkus ketupat ukuran sedang siap makan dipotong-potong
  2. 3 buah tahu putih
  3. 3 buah cabai rawit merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 genggam kacang tanah goreng
  6. ½ sendok teh terasi
  7. 1 sendok makan gula Jawa
  8. 1 sendok makan air asam Jawa
  9. ½ sendok teh garam
  10. 1 genggam touge segar diseduh air panas lalu ditiriskan
  11. 3 sendok makan kecap manis
  12. Air matang secukupnya
  13. Minyak goreng goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Ikan Kembung Asam Pedas Buatan Rumah yang Sangat Menggugah Selera

Bahan pelengkap

  1. Bawang merah goreng secukupnya
  2. Kerupuk merah secukupnya

Cara membuat kupat tahu

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep kupat tahu dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng tahu putih. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu tahu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan permukaannya dan jangan lupa dibolak-balik.
  2. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak agar tahunya tidak terlalu panas. Lalu potong dadu ukuran sedang. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, siapkan cobek lalu haluskan semua cabai, bawang putih, kacang tanah, dan terasi. Jika Anda memiliki chopper atau blender, silahkan menggunakannya agar lebih cepat halus.
  4. Setelah halus, tambahkan air asam Jawa, gula Jawa, dan garam sambil dituang air sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu, siapkan wajan dan masak hingga mendidih, mengental, dan berminyak.
  5. Anda bisa sedikit mencicipi sedikit saus kacangnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan angkat.
  6. Waktunya plating. Siapkan piring saji untuk plating, lalu beri potongan ketupat secukupnya. Tambahkan tahu goreng dan touge secukupnya. Setelah itu, siram dengan saus kacang yang sudah jadi secukupnya dan beri kecap manis. Jangan lupa taburi dengan bawang merah goreng dan beri kerupuk merah diatasnya.
Baca Juga :  Resep Pecel Punten Khas Blitar yang Unik dan Rasanya Sedap

Akhirnya, kupat tahu khas Bandung sudah jadi dan siap disantap. Tidak begitu sulit mempraktikkan resep kupat tahu dengan langkah-langkah seperti diuraikan diatas. Jadi, silahkan Anda coba sekarang juga.

Lihat video Resep Kupat Tahu Khas Bandung

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan