Lompat ke konten
Home » Resep » Sup Gurame Asam Pedas, Masakan Segar Menggugah Selera

Sup Gurame Asam Pedas, Masakan Segar Menggugah Selera

Sup Gurame Asam Pedas

Resep sup gurame asam pedas

Silakan mencoba resep sup gurame asam pedas. Jika Anda menginginkan masakan yang lezat, segar, asam, dan pedas. Kuliner yang satu ini sangat cocok di lidah orang Indonesia.

Masakan Nusantara yang menyegarkan karena berwujud sup, sehingga banyak kuah dan beragam rempah-rempah di dalamnya. Apalagi ada bahan ikan gurame segar yang dimasak dengan bumbu spesial. Ikan gurame yang hanya digoreng saja sudah begitu lezat, apalagi dimasak menjadi sup.

Ciri khas dari masakan sup ikan gurame yang satu ini adalah berbumbu asam pedas, sehingga benar-benar menggugah selera. Dimana rasa asam dan pedas tersebut menjadi satu dalam masakan sup ikan gurame.

Rasa pedasnya juga bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan kata lain, penggunaan cabai rawitnya bisa disesuaikan. Setelah matang, sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang atau makan malam. Apalagi di cuaca yang dingin.

Lalu, bagaimana cara memasak resep sup gurame asam pedas yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Baca Juga :  Mudah Dan Praktis Membuat Resep Tekwan Ikan Tenggiri

Bahan-bahan

  1. 1 kg ikan gurame segar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 cm jahe digeprek
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 lembar daun jeruk
  7. 1 batang serai digeprek lalu ikat sampul
  8. 7 buah belimbing wuluh atau bisa diganti air asam Jawa
  9. 10 buah cabai rawit atau sesuai selera, dipotong
  10. 1 buah tomat merah dipotong
  11. 1 batang daun bawang dipotong
  12. ½ sendok teh garam
  13. ½ sendok teh gula pasir
  14. Kaldu bubuk secukupnya
  15. Air matang secukupnya
  16. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm kunyit
  4. 2 buah cabai merah besar

Cara memasak sup gurame asam pedas

Setelah semua bahan dan bumbu resep sup gurame asam pedas diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Cuci bersih terlebih dulu ikan gurame di bawah air mengalir. Buang semua sisik, kotoran, dan di bagian insangnya. Potong menjadi dua bagian jika ukuran ikan gurame terlalu besar.
  2. Setelah itu, beri perasan air jeruk nipis dan sedikit garam, campur merata. Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya. Lalu, cuci bersih lagi ikan gurami dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan jahe, lengkuas, daun salam, dan jeruk, dan batang serai. Aduk merata.
  5. Tambahkan air matang secukupnya dan masak hingga mendidih.
  6. Setelah itu, masukkan ikan gurame. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan. Masukkan juga belimbing wuluh, cabe rawit, tomat, dan daun bawang. Aduk merata.
  7. Beri garam dan gula, aduk lagi. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasa. Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, jika rasanya masih kurang mantap.
  8. Masak hingga air menyusut dan ikan gurame matang. Matikan kompor dan masakan sup gurame asam pedas sudah matang.
  9. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Ambil dan tuangkan sup gurame asam pedas yang sudah matang di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan sepiring nasi hangat.
Baca Juga :  Resep Gulai Kepala Ikan Kakap Tanpa Santan yang Lebih Segar, Sehat, dan Lezat

Akhirnya, resep sup gurame asam pedas sudah matang dan siap dicicipi. Anda pun bisa memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info