Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Pecel Ayam Satu Ini Harus Anda Coba Masak di Rumah

Pecel Ayam Satu Ini Harus Anda Coba Masak di Rumah

Pecel Ayam (2)

Resep pecel ayam

Selain pecel lele, ada resep pecel ayam yang sama-sama lezatnya untuk disantap. Kedua kuliner ini bisa dengan mudah ditemukan mulai pagi hingga malam hari di warung-warung tenda di pinggiran jalan, terutama di berbagai pelosok Pulau Jawa. Sebenarnya masakan ini sederhana, tetapi rasanya yang super enak sekaligus merindukan.

Sepiring nasi hangat dengan lauk ayam goreng ungkep yang sudah dibumbui spesial dan dilengkapi dengan sambal serta lalapan segar. Rasanya dijamin maknyus apalagi disantap saat perut sedang lapar. Satu porsi pasti masih kurang dan harus menambah.

Anda tak perlu beli pecel ayam di warung atau rumah makan. Lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Lagipula, semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan. Lalu, bagaimana resep pecel ayam selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung muda ukuran sedang
  2. 1 batang serai
  3. 2 cm lengkuas
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 500 ml air matang
  7. 3 sendok makan air asam Jawa
  8. 250 ml minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 1 sendok makan ketumbar
  5. 3 cm kunyit
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sendok makan garam
Baca Juga :  Resep Soto Ayam Lamongan yang Sedap

Bahan untuk sambal

  1. 2 siung bawang putih diiris tipis lalu digoreng kering
  2. 10 siung bawang merah
  3. 10 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 4 buah cabai merah besar
  5. 4 buah tomat merah
  6. ½ sendok teh terasi dibakar
  7. 1 sendok teh gula Jawa
  8. 1 buah jeruk limau
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan pelengkap

  1. Daun kol secukupnya dipotong
  2. Daun kemangi secukupnya
  3. Irisan timun secukupnya
  4. Petai secukupnya

Cara membuat pecel ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan resep pecel ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu ayam hingga bersih. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 bagian atau lebih. Selanjutnya, bumbu halus yang sudah disiapkan dibalurkan ke seluruh permukaan ayam merata.
  2. Taruh ayam di dalam sebuah panci. Masukkan ke dalamnya batang serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Tuang air matang ke dalam panci. Lalu, masak dengan api kompor sedang. Jangan lupa menutup panci tersebut.
  3. Masak atau ungkep ayam hingga air mendidih dan menyusut. Kecilkan api kompor. Balik potongan ayam satu per satu. Masukkan air asam Jawa dan aduk perlahan. Ungkep terus ayam hingga airnya benar-benar habis. Setelah itu, matikan kompor dan ayam ungkep siap digoreng.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan tuangkan minyak goreng yang sudah disiapkan ke dalamnya. Pastikan minyak goreng benar-benar sudah panas. Setelah itu, masukkan potongan ayam ungkep ke dalamnya satu pe satu. Goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Ayam goreng sudah matang. Anda tinggal membuat sambal sebagai pelengkapnya. Caranya cukup mudah. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan tomat yang sudah dipotong. Tumis hingga setengah matang.
  6. Siapkan cobek dan ulegan. Tuangkan tumisan beserta minyaknya ke atas cobek. Tambahkan bawang putih yang sudah digoreng garing. Jangan lupa bumbui dengan garam, gula Jawa, dan terasi. Setelah itu, uleg hingga lembut. Kucuri dengan perasan jeruk limau dan aduk merata. Sambal sudah jadi.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan ayam goreng yang sudah matang di atasnya. Lengkapi dengan sambal dan lalapan yang sudah disiapkan. Jangan lupa siapkan nasi putih hangat saat ingin menyantap pecel ayam.
Baca Juga :  Kue kembang goyang, Gurih dan Renyah, Begini Resepnya

Itulah resep pecel ayam selengkapnya yang bisa kamu praktikkan cara memasaknya di rumah. Rasanya dijamin maknyus. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan