Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Puding Jeruk Santan, Desert yang Enak untuk Seluruh Keluarga

Resep Puding Jeruk Santan, Desert yang Enak untuk Seluruh Keluarga

Puding Jeruk Santan

Resep puding jeruk santan

Resep puding jeruk santan bisa Anda praktikkan untuk membuat desert atau makanan penutup yang lezat. Tiap orang mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai rasanya.

Dimana puding jeruk ini ada rasa asam dan manis yang menarik untuk dicicipi. Sangat cocok disantap setelah Anda menyantap kuliner nasi beserta lauknya saat makan siang.

Puding biasanya polosan dengan rasa manis secara umum. Namun sekarang, pudingnya akan dikombinasikan dengan bahan buah jeruk yang segar.

Dijamin rasanya ringan, segar, dan tentu saja enak. Tidak ada salahnya Anda coba membuatnya karena jarang ada yang menjualnya di luar sana. Untuk bisa membuatnya dengan benar, silahkan membaca dulu resep puding jeruk santan selengkapnya berikut.

Bahan lapisan buah

  1. 7 gram agar-agar bubuk warna kuning atau oranye
  2. 500 ml jus jeruk
  3. 50 gram gula pasir
Baca Juga :  Cara Membuat Sajian Penutup, Es Doger

Bahan untuk lapisan santan

  1. 2 sendok makan tepung maizena
  2. 500 ml santan encer
  3. 100 gram gula pasir

Bahan pelengkap

  1. Jaruk mandarin tanpa biji secukupnya
  2. Daun mint secukupnya

Cara membuat puding jeruk santan

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep puding jeruk santan dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama membuat lapisan buah. Caranya, siapkan panci ukuran sedang, lalu campurkan agar-agar dan jus jeruk. Aduk merata.
  2. Setelah itu, tambahkan gula dan aduk lagi. Selanjutnya, masak semua bahan tersebut hingga mendidih. Matikan kompor dan diamkan sejenak. Setelah itu, tuangkan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan. Masukkan ke dalam kulkas agar lebih cepat dingin.
  3. Langkah berikutnya membuat lapisan santan. Caranya, siapkan wadah lainnya, lalu masukkan dan campurkan tepung maizena dan dua sendok makan santan encer. Sisihkan.
  4. Sementara itu, siapkan panci dan masak sisa santan dengan gula hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan larutan maizena dan aduk hingga mengental.
  5. Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan beberapa saat. Keluarkan agar-agar lapisan buah dari dalam kulkas. Lalu, tuangkan lapisan santan diatasnya. Masukkan lagi ke dalam kulkas agar cepat mendingin.
  6. Setelah pudingnya mendingin, siap untuk disajikan. Siapkan piring saji untuk plating, lalu keluarkan puding dari cetakan dan letakkan diatas piring. Lengkapi diatasnya buah jeruk dan daun mint secukupnya. Anda bisa memotong pudingnya menjadi beberapa bagian agar mudah dimakan.
Baca Juga :  Mau Minum Es yang Enak dan Segar di Siang Hari? Coba Saja Es Goyobod Khas Bandung

Ternyata, resep puding jeruk santan tidak begitu sulit untuk dipraktikkan. Oleh karenanya, silahkan Anda membuatnya di rumah untuk seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan