Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Sup Kalkun Pedas

Resep Membuat Sup Kalkun Pedas

Sup Kalkun Pedas1 (1)

Resep Membuat Sup Kalkun Pedas

Dakgyejang, sup lezat ini sarat dengan bumbu pedas dan bawang putih yang beraroma khas Korea! Gaya Korea adalah versi lain dari sup tradisional Korea yang berbahan dasar ayam yaitu Dakgyejang.

Hal ini sangat jarang terjadi dengan alasan bahwa orang Korea tidak makan kalkun. Di Korea, kalkun tidak ada di bagian daging. Kalkun memang memiliki rasa dan aroma yang khas.

Tips :

Disarankan untuk merendam kalkun sehari sebelumnya untuk memastikan bahwa kalkun memiliki rasa dan aroma yang tidak terlalu amis dan tidak kering.

Satu galon air, dua cangkir garam laut, satu cangkir gula merah muda, segenggam kulit jeruk, rempah segar seperti rosemary, peterseli, sage, timi, dan oregano, daun salam, lima siung bawang putih yang sudah dihaluskan, dan satu sendok teh merica warna menjadi air rendaman. Tambahkan bumbu dan gula ke dalam air hingga larut, lalu rendam kalkun selama 12 hingga 24 jam.

Saat memasak, cukup melapisi kalkun dengan mentega dan memanggangnya sesuai dengan petunjuk dalam kemasan, memastikan tidak terlalu lama. Kalkun yang kurang matang selalu bisa diperbaiki, tetapi kalkun yang terlalu matang tidak bisa.

Baca Juga :  Tom Yam Seafood Khas Thailand yang Rasanya Segar dan Pedas

Bahan – Bahan :

Kaldu Tulang Kalkun

  1. 1 bangkai kalkun
  2. 12 cangkir air
  3. 6 siung bawang putih
  4. 1/2 bawang bombay
  5. 1 lembar daun salam

Taburan Daging

  1. 1 cangkir daging kalkun parut (gelap atau putih atau keduanya)
  2. 1/2 sendok makan bubuk cabai merah Korea, tambahkan sesuai selera
  3. 1,5 sdt bawang putih cincang
  4. 1 sdt Kecap Sup Korea (Guk Ganjang)
  5. 1/4 sendok teh gula pasir
  6. 3 batang daun bawang cincang
  7. 1/8 sdt lada hitam

Sup

  1. 2,5 cangkir Kaldu Kalkun

Cara Membuat :

  1. Dengan sisa daging kalkun, buatlah kaldu tulang. Sebagai contoh, tambahkan 12 cangkir air kompor ke dalam bangkai kalkun seberat 16 pon. 9 cangkir air sudah cukup untuk Pot Instan.
  2. Masukkan setengah bawang bombay dan lima sampai enam siung bawang putih. Cara ini paling cocok untuk kalkun yang sudah diasinkan sebelumnya. Tambahkan satu atau dua lembar daun salam jika kalkun tidak memiliki bumbu rempah. Masak selama sekitar satu jam di atas kompor atau 30 menit.
  3. Sobek-sobek daging kalkun sambil menunggu.
  4. Untuk 1 cangkir daging, potong 3 sampai 4 daun bawang dan 1 1/2 sendok teh bawang putih.
  5. Daging kalkun suwir dibumbui dengan Guk ganjang (kecap sup Korea), lada hitam yang baru digiling, bawang putih dan daun bawang cincang, serta bubuk cabai merah Korea (gochukaru). Perhatikan bahwa jumlah garam yang perlu ditambahkan ke dalam kalkun akan tergantung pada seberapa baik kalkun tersebut diasinkan.
  6. Bumbu dan daging kalkun dicampur. Bisa dioleskan bumbu dengan lembut ke dalam daging dengan sarung tangan plastik.
  7. Tambahkan daging kalkun yang sudah dibumbui ke dalam panci berisi kaldu, dan didihkan selama dua sampai tiga menit sampai kaldu tercampur rata dan terlihat merah pedas.
  8. Kamu dapat menyajikan sup dalam mangkuk dengan nasi dan menyendokkan sup di atasnya, atau dapat menyajikannya dengan nasi di mangkuk pendamping. Tambahkan daun bawang segar di atasnya!
Baca Juga :  Lezat dan Mudah Dibuat, Resep Rice Bowl Oyakodon Khas Jepang Wajib Dicoba

Catatan :

Jika tidak memiliki kalkun, kamu dapat menggunakan kaldu ayam kalengan sebagai pengganti tulang kalkun untuk membuat kaldu. Jika kamu tidak memiliki kalkun, masak saja ayam dengan kaldu ayam atau gunakan resep sup ayam Korea ini untuk membumbui dagingnya.

Resep ini dibuat berdasarkan sup ayam pedas asli yang disebut dakgyejang, jadi kamu pasti tahu bahwa sup ini akan terasa lezat hanya dengan menggunakan ayam!

Lihat video Sup Kalkun Pedas

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan