Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Anda Harus Coba Resep Sate Ponorogo dengan Bumbu Kacang Pedas Berikut

Anda Harus Coba Resep Sate Ponorogo dengan Bumbu Kacang Pedas Berikut

Resep Sate Ponorogo

Resep sate Ponorogo

Resep sate Ponorogo menjadi salah satu kuliner yang menarik sekaligus istimewa untuk Anda coba. Bukan hanya dicoba dicicipi saja, tetapi juga membuatnya sendiri.

Benar, Anda bisa membuat sate ayam seperti para penjual sate Madura di luar sana. Namun perbedaannya, sate ayam yang satu ini khas Ponorogo, Jawa Timur.

Dimana satenya menggunakan daging ayam bagian dada tanpa lemak.

Jadi, sate ayamnya nanti full daging dan tidak ada lemaknya. Selain itu, sate Ponorogo populer dengan potongan ayamnya yang disate besar dan panjang.

Namun yang lebih spesial, yaitu bumbu atau saus kacangnya yang berasa lebih pedas dibanding bumbu kacang sate pada umumnya. Jadi, sate ayamnya sangat cocok untuk Anda sekalian yang suka kuliner pedas menyengat.

Lalu, bagaimana resep sate Ponorogo dengan bumbu kacangnya yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 3 potong dada ayam segar ukuran sedang
  2. Potongan lontong secukupnya
  3. Tusuk sate secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang putih
  2. 3 butir kemiri disangrai
  3. ½ sendok teh ketumbar
  4. ¼ sendok teh jintan
  5. ¼ sendok teh garam
  6. 1 sendok makan gula Jawa
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Anda Ingin Memasak Resep Rolade Sapi yang Lezat? Baca Dulu Informasinya Berikut

Bumbu kacang

  1. 150 gram kacang tanah digoreng
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera, direbus
  4. 2 butir kemiri disangrai
  5. 1 sendok makan gula Jawa
  6. 1 sendok teh garam
  7. Air matang secukupnya

Bahan pelengkap

  1. Kecap manis secukupnya
  2. Irisan bawang merah secukupnya

Cara membuat sate Ponorogo

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep sate Ponorogo dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong tebal memanjang sekitar 3 cm. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Matikan kompor dan biarkan sejenak agar tidak terlalu panas.
  3. Masukkan semua potongan daging ayam ke dalam baskom, lalu tuangkan tumisan bumbu halus ke dalamnya. Aduk merata dan diamkan sekitar 60 menit hingga bumbunya meresap.
  4. Sambil menunggu ayam dimarinasi, Anda bisa membuat bumbu kacang untuk satenya. Caranya, haluskan kacang tanah, semua cabai, kemiri, dan bawang putih. Anda bisa mengulegnya atau menggunakan chopper/blender agar lebih cepat.
  5. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan di atas api kompor kecil saja dan masak bahan yang dihaluskan tersebut. Tambahkan gula Jawa, garam, dan air secukupnya. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  6. Silahkan mencicipi sedikit bumbu kacangnya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah matang, matikan kompor dan pindahkan ke wadah lain.
  7. Selanjutnya, ambil satu tusuk sate, lalu tusuk 3 – 4 potong daging ayam yang sudah dimarinasi. Lakukan langkah tersebut hingga semua potongan daging habis.
  8. Setelah itu, siapkan tempat pembakaran satenya. Anda bisa menggunakan pan atau wajan teflon bergelombang, jika tidak memiliki tungku pembakaran. Silahkan dibakar semua sate sambil diolesi lagi sisa bumbu marinasinya. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah berwarna kecoklatan, angkat sate dan siap disajikan.
  9. Siapkan piring saji, lalu beri potongan lontong secukupnya. Setelah itu, beri beberapa tusuk sate dan siram dengan bumbu kacangnya. Anda bisa memberinya kecap manis dan irisan bawang merah sesuai selera.
Baca Juga :  Membuat sambal Goreng Ati, Sajian Enak untuk Hidangan Keluarga

Dijamin rasanya mantap karena resep sate Ponorogo bersama bumbu kacangnya diatas sudah direkomendasikan. Oleh karenanya, Anda bisa mencobanya sekarang juga.

Lihat video Resep Sate Ponorogo

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan