Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sup Kacang Merah, Sajian Hangat Mengenyangkan Perut untuk Berbuka Puasa

Resep Sup Kacang Merah, Sajian Hangat Mengenyangkan Perut untuk Berbuka Puasa

Resep Sup Kacang Merah

Resep sup kacang merah

Resep sup kacang merah bisa menjadi sajian berbuka puasa Anda sekalian. Sup berkuah dengan kacang merah yang hangat memang cocok untuk disantap saat azan Maghrib berkumandang.

Menu kulinernya memang cukup ringan, sehingga cocok disantap dengan ditemani segelas teh hangat atau air putih.

Setelah menyantapnya, cukup mengenyangkan perut apalagi ada tambahan parutan keju parmesan sebagai topingnya.

Semua bahan untuk membuat sup ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Namun untuk cara membuatnya, Anda mungkin belum mengetahuinya secara mendetail.

Oleh karenanya, silahkan membaca resep sup kacang merah selengkapnya berikut sebelum Anda mempraktikkannya nanti di rumah.

Bahan-bahan

  1. 500 gram kacang merah yang sudah direndam air sekitar 6 – 10 jam
  2. 1 liter air
  3. 1 liter air kaldu sapi
  4. 1 butir bawang bombay dicincang kasar
  5. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  6. 1 batang seledri dipotong kecil
  7. ½ sendok teh pala bubuk
  8. ½ sendok teh garam
  9. ¼ sendok teh merica bubuk
  10. 2 sendok makan parutan keju parmesan
Baca Juga :  Waktu Kumpul, Sajikan Kerang Hijau Kuah Kuning, Resepnya Mudah

Cara membuat sup kacang merah

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep sup kacang merah dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Tiriskan dulu kacang merah yang sudah direndam. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang dan tuangkan air yang sudah disiapkan. Rebus air di api kompor sedang saja, lalu masukkan semua kacang merah ke dalam panci.
  2. Rebus dan masak sekitar 60 menit hingga airnya surut serta kacang merahnya lunak. Matikan kompor dan tiriskan kacang merah. Sisihkan dulu sambil menunggu agar tidak terlalu panas.
  3. Setelah itu, siapkan blender dan masukkan semua kacang merah rebus ke dalamnya. Lalu, blend kasar saja agar tekstur kacangnya masih terasa. Anda juga bisa menghaluskannya secara manual dengan menumbuk dengan ulegan.
  4. Selanjutnya, tuangkan kacang merah ke dalam panci lainnya, lalu tuang juga kaldu sapi ke dalamnya. Masak diatas api kompor kecil saja. Aduk merata.
  5. Tambahkan bawang bombay, daun bawang, dan daun seledri. Aduk perlahan saja. Jangan lupa dibumbui dengan garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur.
  6. Silahkan dicicipi sedikit supnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan garam atau kaldu bubuk secukupnya, lalu diaduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan sup kacang merah siap disajikan.
  7. Siapkan sebuah mangkuk ukuran sedang, lalu tuangkan sup kacang merah yang sudah matang. Taburi parutan keju parmesan diatasnya. Anda bisa mencicipi dan menyantapnya setelah waktu berbuka puasa tiba.
Baca Juga :  Resep Ayam Bulgogi Ayam BBQ Khas Korea

Cukup mudah langkah-langkah resep sup kacang merah diatas. Anda bisa coba membuatnya sore hari ini untuk berbuka seluruh keluarga. Selamat mencoba.

Lihat video Resep Sup Kacang Merah

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan