Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Abon Jamur yang Rasanya Tidak Kalah dengan Bahan Protein Lainnya

Resep Abon Jamur yang Rasanya Tidak Kalah dengan Bahan Protein Lainnya

Abon Jamur (1)

Resep abon jamur

Resep abon jamur merupakan alternatif lain dari bahan yang biasa digunakan untuk kuliner ini, yaitu daging sapi atau ayam.

Sebagai penggantinya, digunakan jamur tiram untuk dimasak dan dibuat abon. Setelah matang, rasa abonnya juga tidak kalah enak dengan bahan daging. Rasa kenyal jamurnya masih terasa, bahkan teksturnya menyerupai daging.

Abon jamur sangat cocok disantap oleh Anda sekalian yang bertipe vagetarian alias tidak mengkonsumsi protein hewani.

Abon yang populer sebagai oleh-oleh saat bepergian ke luar kota, sekarang juga bisa Anda masak sendiri di rumah.

Bahkan, Anda bisa menyimpan abon jamur tersebut untuk stok lauk beberapa hari ke depan karena memang dapat bertahan lama, asalkan cara menyimpannya benar.

Lalu, bagaimana resep abon jamur selengkapnya yang direkomendasikan? Silahkan Anda membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 kg jamur tiram segar
  2. 200 ml santan kental
  3. 3 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 3 sendok makan gula Jawa
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1 sendok makan ketumbar disangrai
  • 3 butir kemiri disangrai
  • 1 sendok makan garam
Baca Juga :  Pecel Ayam Satu Ini Harus Anda Coba Masak di Rumah

Cara membuat abon jamur

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep abon jamur dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan bersihkan dulu semua jamur tiram yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, pisahkan dan buang akar jamur beserta batang yang sudah tua.
  2. Selanjutnya, suwir-suwir jamur ukuran kecil, lalu bersihkan lagi dengan aie bersih. Peras dan tiriskan hingga mengering.
  3. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan suwiran jamur, lalu aduk merata dengan bumbu. Setelah itu, tambahkan daun salam, daun jeruk, dan gula Jawa. Aduk lagi merata.
  5. Tuangkan santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan saja terus menerus. Masak hingga kuah santan menyusut dan jamurnya berwarna kecoklatan. Setelah itu, matikan kompor, angkat, dan sisihkan dulu beberapa saat.
  6. Selanjutnya, panaskan lagi wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng suwiran jamur yang sudah dimasak tadi. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan semua jamur ke dalamnya.
  7. Goreng hingga suwiran jamur kering dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar tingkat kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Untuk memastikan kandungan minyak di abon tinggal sedikit, Anda bisa menekan jamurnya terus menerus. Akhirnya, abon jamur sudah jadi dan siap disajikan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan abon jamur yang sudah matang diatasnya. Jika ingin menjadikannya lauk, jangan lupa menyediakan nasi putih hangat. Anda bisa menyimpan sisa abonnya di dalam toples dan ditutup rapat untuk stok lauk di hari berikutnya. Simpan di tempat yang kering agar lebih tahan lama.
Baca Juga :  Resep Kari Ayam India yang Kaya akan Bumbu Rempah

Silahkan Anda praktikkan resep abon jamur diatas. Dijamin rasa abonnya mantap dan lezat. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Abon Jamur

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info