Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Jengkol Balado Pedas yang Rasanya Mantul untuk Dijadikan Lauk

Resep Jengkol Balado Pedas yang Rasanya Mantul untuk Dijadikan Lauk

Jengkol Balado Pedas (1)

Resep jengkol balado pedas

Resep jengkol balado pedas bagi pecinta jengkol pasti menjadi pengalaman tersendiri saat menyantapnya.

Hal itu dikarenakan biasanya jengkol dimasak hanya dengan digoreng atau dimasak bumbu semur.

Keduanya yang paling populer di tengah masyarakat. Namun sekarang, jengkol dengan aromanya yang khas tersebut akan dimasak dengan bumbu balado pedas.

Bumbu balado yang identik dengan warna merah karena memang rasanya pedas. Biasanya memasak bumbunya mengkombinasikan dengan protein hewani ayam, telur, daging sapi. Bagaimana jika bahan proteinnya diganti jengkol?

Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan memasaknya di rumah. Namun sebelumnya, baca dulu selengkapnya resep jengkol balado pedas berikut.

Bahan-bahan

  1. 300 gram jengkol tua
  2. 2 sendok makan gula pasir
  3. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng jengkol

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 butir bawang merah
  2. 10 buah cabai rawit merah
  3. 5 buah cabai merah besar
  4. 2 buah tomat merah
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Membuat Kolak Pisang Mutiara dengan Cara Sederhana

Cara memasak jengkol balado pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep jengkol balado pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua jengkol yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Kupas kulitnya, lalu rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Sisihkan dulu jengkol rebus yang sudah matang beberapa saat hingga mendingin. Setelah itu, geprek atau memarkan tetapi jangan sampai hancur.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng jengkol. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng jengkol hingga tinggal sekitar 3 sendok makan karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Setelah itu, masukkan semua jengkol ke dalam wajan. Aduk merata hingga tercampur dengan semua bumbu. Tambahkan gula pasir, lalu aduk kembali.
  6. Silahkan dicicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan jengkol balado pedas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng agar rasanya lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Membuat Strawberry Smoothies, Ide Diet Sehat dan Enak

Ternyata cara memasak resep jengkol balado pedas tidak begitu sulit. Anda yang suka makan jengkol memang harus mencobanya sendiri. Dijamin rasanya mantul.

Lihat video membuat Jengkol Balado Pedas

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan