Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bola Kentang Keju, Cemilan Lezat yang Menggugah Selera

Resep Bola Kentang Keju, Cemilan Lezat yang Menggugah Selera

Bola Kentang Keju1 (1)

Resep bola kentang keju

Ada resep bola kentang keju yang bisa Anda coba di rumah untuk menjadi cemilan yang lezat sekaligus mengenyangkan.

Kuliner ini membutuhkan bahan kentang, sehingga mirip dengan kroket. Namun, isiannya berbeda yang menjadikannya juga berlainan rasanya.

Salah satu yang membedakannya, yaitu diberi potongan keju di bagian dalam adonannya. Setelah digoreng nanti, diharapkan kejunya meleleh saat disantap. Sangat menggugah selera, bukan?

Anda bisa menyiapkan semua bahannya dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Setelah kulinernyajadi dan matang, dijamin banyak orang menyukainya mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Oleh karenanya, sangat cocok disajikan untuk cemilan keluarga. Lalu, bagaimana resep bola kentang keju selengkapnya yang bisa dipraktikkan? Silahkan membaca informasi berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 buah kentang dikupas lalu dikukus hingga matang
  2. 1 kotak keju cheddar dipotong dadu
  3. 2 sendok makan tepung terigu protein sedang
  4. 1 sendok makan tepung tapioka
  5. 2 batang seledri dicincang halus
  6. 2 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. 1 sendok teh kaldu bubuk
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Baca Juga :  Resep Cilok Empuk dan Kenyal Anti Gagal

Bahan untuk pelapis

  1. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  2. Tepung panir secukupnya

Cara membuat bola kentang keju

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep bola kentang keju dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan kentang yang sudah dikukus ke dalamnya. Setelah itu, haluskan dengan ditekan-tekan menggunakan sendok/garpu.
  2. Setelah kentang kukus halus, tambahkan tepung terigu, tepung tapioka, cincangan seledri, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur.
  3. Selanjutnya, ambil sekitar 2 sendok makan adonan, lalu dibuat bundar menyerupai bola. Masukkan 1 – 2 potongan keju cheddar ke dalam adonan bola kentang tersebut. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonannya habis. Sisihkan dulu.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng adonan bola kentang. Masukkan adonan bola ke telur ayam, lalu guling-gulingkan ke tepung panir hingga seluruh permukaannya tertutupi.
  5. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu bola kentang ke dalam wajan. Goreng diatas api sedang saja hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata, tetapi jangan terlalu sering supaya adonannya tidak hancur.
  6. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan untuk segera disajikan. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan bola kentang keju yang sudah jadi diatasnya. Anda bisa melengkapinya dengan cabai rawit hijau secukupnya. Untuk memastikan keju cheddar di dalamnya meleleh atau tidak, silahkan saja dibelah bola kentangnya untuk melihatnya sendiri.
Baca Juga :  Segar dan Gurih, Resep Chicken Caesar Salad Mudah

Silahkan mempraktikan sendiri beberapa langkah resep bola kentang keju diatas. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Bola Kentang Keju

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info