Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kroket Kentang Simpel dan Enak

Resep Kroket Kentang Simpel dan Enak

Resep Kroket Kentang (2)

Resep Kroket Kentang

Cara membuat kroket kentang

Untuk membuat kroket kentang yang lezat, 

  1. pertama-tama rebus dan hancurkan kentang [1]. Untuk merebus kentang, potong kentang menjadi potongan kecil agar cepat matang, lalu rebus dalam air garam sampai empuk. 
  2. Setelah itu tiriskan dan hancurkan kentang sampai halus. 
  3. Campurkan kentang yang sudah dihancurkan dengan bahan yang melekat seperti tepung beras, susu cair, dan telur. 
  4. Selain itu, tambahkan juga bumbu seperti bawang putih, garam, dan merica sesuai selera [2]. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Setelah adonan kroket sudah siap, bentuk adonan menjadi bentuk kroket yang diinginkan. Kemudian goreng kroket dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan [3]. 
  6. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng agar kroket tidak terlalu berminyak. 
  7. Setelah matang, tiriskan kroket dengan menggunakan tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak.

Kroket kentang dapat divariasikan dengan berbagai macam isian, seperti daging ayam, daging sapi, atau crab stick [4]. 

Untuk membuat kroket kentang dengan isian daging ayam, tambahkan daging ayam yang sudah matang dan dihancurkan ke dalam adonan kroket. 

Kemudian, bentuk adonan menjadi bentuk kroket dan isi dengan potongan kecil daging ayam [5]. Setelah itu, goreng kroket seperti langkah-langkah sebelumnya. 

Kroket kentang dapat disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan pendamping.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Kentang yang Tepat** – Saat membuat kroket kentang, penting untuk memilih jenis kentang yang tepat. Kentang Russet atau Yukon Gold adalah pilihan yang sangat baik karena kandungan patinya yang tinggi, yang membantu menyatukan kroket. Kentang lilin, seperti kentang merah, kurang cocok untuk hidangan ini karena teksturnya cenderung bergetah.

Baca Juga :  Resep Nasi Lemak Malaysia, sangat populer di seluruh dunia

**Teknik Menumbuk yang Benar** – Untuk memastikan tekstur halus dan lembut pada kroket kentang Anda, haluskan kentang rebus hingga merata. Hindari menggunakan food processor karena dapat membuat kentang menjadi lengket. Sebagai gantinya, gunakan penghancur kentang atau ricer untuk hasil terbaik.

**Menyeimbangkan Rasa dan Bumbu** – Membumbui kentang tumbuk secukupnya sangat penting untuk menghasilkan kroket dengan rasa yang enak. Cicipi campurannya sebelum membentuk kroket untuk memastikan bumbunya cukup. Jangan takut untuk bereksperimen dengan rasa tambahan seperti bawang putih, daun bawang, atau bahkan sedikit pala untuk profil rasa yang lebih kompleks.

**Teknik Breading yang Benar** – Saat melapisi kroket dengan remah roti, penting untuk mengikuti prosedur standar pembuatan roti (mengeringkan ke dalam tepung, mencelupkan ke dalam kocokan telur, dan melapisi dengan remah roti). Hal ini memastikan eksterior yang tajam dan keemasan. Selain itu, diamkan kroket yang dilapisi tepung roti selama beberapa menit sebelum digoreng untuk membantu lapisannya menempel lebih baik.

**Menjaga Suhu Minyak** – Saat menggoreng kroket, pertahankan suhu minyak yang konsisten pada kisaran 175-190°C (350-375°F). Hal ini mencegah kroket menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi berminyak. Gunakan termometer dapur untuk memantau suhu minyak selama proses penggorengan untuk hasil terbaik.

Baca Juga :  Resep Ketan Durian Lumer Menggugah Selera

FAQ

Q: Bagaimana cara merebus dan menghancurkan kentang untuk membuat kroket? A: Pertama, cuci kentang dengan bersih dan rebus dalam air mendidih hingga lunak. Setelah itu, tiriskan dan hancurkan kentang hingga halus menggunakan alat penghancur atau garpu.

Q: Apa saja bumbu dan bahan pengikat yang dibutuhkan untuk membuat kroket kentang? A: Anda dapat menggunakan bumbu seperti garam, merica, bawang putih bubuk, dan peterseli cincang. Sebagai bahan pengikatnya, Anda memerlukan telur dan tepung roti atau tepung panir.

Q: Bagaimana cara membentuk kroket kentang sebelum digoreng? A: Setelah mencampurkan kentang dengan bumbu dan bahan pengikatnya, ambil sebagian adonan dan bentuk bulat pipih atau silinder sesuai selera. Pastikan kroket terbentuk dengan rapat agar tidak hancur saat digoreng.

Q: Berapa lama menggoreng kroket kentang hingga matang sempurna? A: Goreng kroket kentang dalam minyak panas hingga kecokelatan, sekitar 3-4 menit. Pastikan untuk membalik kroket agar matang merata. Setelah itu, tiriskan kroket pada tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Q: Bisakah saya menyimpan kroket kentang yang sudah digoreng untuk dikonsumsi nanti? A: Ya, Anda dapat menyimpan kroket kentang yang sudah digoreng dalam lemari es selama 1-2 hari. Ketika ingin mengkonsumsinya lagi, panaskan kembali dalam oven atau penggorengan hingga kroket kembali renyah dan hangat.

Referensi : 

1.   Resep Kroket Kentang: Kreasi Lezat yang Wajib Dicoba.  (n.d.)   Retrieved January 22, 2024, from www.biotifor.or.id/resep-kroket-kentang/ 

Baca Juga :  Resep Nasi Tim Ati Ampela yang Cocok Disajikan untuk Sarapan Pagi Keluarga

2.   Kroket Salad Kentang.  (n.d.)   Retrieved January 22, 2024, from kewpie.co.id/id/daftar-resep/kroket-salad-kentang 

3.   Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis buat Snack Time ….  (n.d.)   Retrieved January 22, 2024, from www.kompas.com 

4.   16 resep kroket kentang krispi enak dan mudah.  (n.d.)   Retrieved January 22, 2024, from cookpad.com/id/cari/kroket%20kentang%20krispi 

5.   Resep Kroket Kentang Sawi Ijo oleh Nunu Ulfah.  (n.d.)   Retrieved January 22, 2024, from cookpad.com/id/resep/14208798-kroket-kentang-sawi-ijo 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info