Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kroket Jamur, Membuat Cemilan Enak Sekaligus Ide Berbisnis Kuliner

Resep Kroket Jamur, Membuat Cemilan Enak Sekaligus Ide Berbisnis Kuliner

Resep kroket jamur1 (1)

Resep kroket jamur

Resep kroket jamur yang satu ini bisa menjadi cemilan yang lezat sekaligus mengenyangkan perut.

Selain itu, kuliner berbentuk oval ini juga dapat dijadikan ide berbisnis kuliner karena Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Tentu saja rasa kroketnya harus benar-benar enak dan menggoyang lidah agar banyak orang membelinya.

Bahan utama yang digunakan, yaitu kentang, jamur kancing, dan daging ayam giling. Semuanya bisa Anda beli dan dapatkan dengan mudah serta harganya cukup terjangkau di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Namun yang terpenting, yaitu langkah-langkah pembuatannya. Oleh karenanya, silahkan membaca dulu resep kroket jamur selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan untuk kulitnya

  1. 300 gram kentang dikupas, dikukus, lalu dihaluskan lembut
  2. 20 gram susuk bubuk vanila
  3. 1 butir kuning telur ayam
  4. ½ sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh merica bubuk
  6. ½ sendok teh pala bubuk
  7. 1 sendok makan margarin
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kroket

Bahan untuk isiannya

  1. 2 siung bawang putih dicincang halus
  2. ½ butir bawang bombay dicincang halus
  3. 100 gram jamur kancing dicincang kasar
  4. 75 gram daging ayam giling
  5. ½ sendok teh garam
  6. ¼ sendok teh merica hitam kasar
  7. 25 ml air matang
  8. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  9. 2 sendok makan minyak untuk menumis
Baca Juga :  Resep Lele Goreng Bumbu Kari, Menu Kuliner Berbeda dari Biasanya

Bahan tepung pelapis

  1. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  2. 75 gram tepung panir

Cara membuat kroket jamur

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep kroket jamur dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat adonan isian kroketnya dulu. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Tambahkan daging ayam giling dan aduk hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan semua jamur kancing dan aduk lagi merata hingga layu.
  3. Bumbui dengan garam dan merica hitam kasar, lalu aduk kembali. Tuangkan air dan kecilkan api kompor. Tambahkan potongan daun bawang dan aduk sebentar. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah matang, matikan kompor dan angkat. Sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, siapkan baskom lalu masukkan satu per satu bahan kulit kroketnya, kecuali minyak goreng. Aduk merata dengan tangan hingga semua bahan tercampur.
  5. Setelah itu, ambil adonannya 1 sendok makan, lalu pipihkan. Beri isian adonan di bagian tengah secukupnya. Lalu bentuk oval dan padatkan. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan kulit dan isian kroket habis. Sisihkan.
  6. Siapkan dulu telur ayam yang sudah dikocok dan tepung panir sebagai bahan pelapisnya. Silahkan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng kroket.
  7. Sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas, gulingkan kroket diatas tepung panir, lalu celupkan ke dalam telur. Setelah itu, gulingkan lagi diatas tepung panir dan barulah masukkan ke dalam minyak untuk digoreng.
  8. Goreng hingga berwarna kecoklatan diatas api kompor sedang saja. Jangan lupa dibolak-balik agar tingkat kematangannya merata. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan kroket jamur yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan cabai rawit hijau secukupnya atau saus cabai/tomat sesuai selera Anda.
Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Wedang Cemue

Anda sekalian sudah mengetahui resep kroket jamur beserta kangkah-langkah pembuatannya. Diamin rasanya enak asalkan Anda praktikkan sesuai resep diatas. Selamat mencoba.

Lihat video Resep kroket jamur

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info