Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kakap Asam Manis ala Rumahan dengan Citarasa Restoran

Resep Kakap Asam Manis ala Rumahan dengan Citarasa Restoran

Kakap Asam Manis1

Resep kakap asam manis

Resep kakap asam manis biasanya dijual di rumah makan atau restoran menengah ke atas dengan harga lumayan mahal. Hal itu dikarenakan bahan utama masakannya, yaitu ikan kakap yang di pasaran memang harganya lebih mahal dibanding jenis ikan lainnya. Jadi, bahan ikan kakap yang termasuk spesial tersebut sudah seharusnya dimasak dengan bumbu istimewa. Oleh karenanya, bumbu asam manis menjadi salah satu yang direkomendasikan.

Anda mungkin sudah pernah mencicipi masakan asam manis, tetapi dengan bahan berbeda. Misalnya, udang, jenis ikan lainnya, ayam, atau yang lainnya. Rasanya memang benar-benar lezat dan sangat menggugah selera. Apalagi yang dimasak adalah ikan kakap, sehingga dijamin rasanya semakin lezat. Anda yang penasaran ingin memasaknya sendiri silahkan membaca dulu resep kakap asam manis berikut.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ikan kakap merah/putih segar ukuran besar dengan bobot sekitar 500 gram
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh lada bubuk
  • 1 buah jeruk nipis

Bahan tepung untuk baluran

  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 butir telur ayam dikocok lepas
  • ½ sendok teh kaldu bubuk

Bahan lainnya

  1. 1 buah tomat merah dipotong-potong
  2. 2 buah cabai merah besar diiris serong
  3. 300 ml air kaldu ayam
  4. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  5. ½ buah nanas ukuran sedang dipotong-potong
  6. 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  7. 1 sendok teh wijen untuk taburan
  8. 2 sendok makan mentega untuk menumis
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan
Baca Juga :  Enak Murah Meriah Tahu Crispy Renyah ala Street Food, Ternyata ini Resepnya

Bumbu 1

  • 1 butir bawang bombay dipotong 4, lalu dipotong memanjang
  • 6 siung bawang putih dicincang halus

Bumbu 2

  • 2 sendok makan saus tiram
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan saus cabai
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap Inggris
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok makan gula Jawa disisir

Cara memasak kakap asam manis

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kakap asam manis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan kakap merah/putih yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya serta kotoran di dalam insang dan perutnya. Jika ukurannya cukup besar dan panjang, Anda bisa memotongnya sesuai selera. Namun jika ingin menyerupai masakan di restoran, biarkan utuh saja. anda cukup membaret-baret tubuhnya.
  2. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan taburi garam serta lada bubuk di tubuh ikan kakap. Lumuri dan ratakan ke seluruh tubuhnya, lalu diamkan sekitar 10 menit di dalam kulkas.
  3. Sambil menunggu ikan dimarinasi. Anda bisa menyiapkan bahan baluran tepungnya. Caranya, siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Siapkan juga sebuah mangkuk untuk kocokan telur.
  4. Setelah dimarinasi, keluarkan ikan kakap dari dalam kulkas. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan ukuran sedang atau besar dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan kakap.
  5. Olesi seluruh permukaan tubuh ikan dengan kocokan telur, lalu taburkan bahan tepung yang sudah dibuat. Pastikan seluruh tubuhnya dari kepala hingga ekor terkena baluran tepungnya.
  6. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak panas dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan di semua permukaan tubuhnya. Jangan lupa membolak-balikkan ikan agar kematangannya merata, tetapi harus hati-hati saat membaliknya agar tubuhnya masih utuh. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Langkah berikutnya, panaskan wajan lain yang masih bersih dan beri mentega untuk menumis. Setelah panas dan meleleh, tumis bumbu 1 hingga harum.
  8. Tambahkan potongan tomat, cabai, air keldu, dan semua bumbu 2. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Setelah itu, masukkan potongan nanas dan daun bawang. Aduk merata lagi.
  9. Silahkan Anda cicipi dulu sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah sesuai selera, tambahkan larutan maizena dan aduk perlahan hingga kuahnya mengental. Setelah itu, matikan kompor untuk segera menyiapkan platingnya.
  10. Siapkan sebuah piring datar ukuran besar untuk plating, lalu letakkan ikan kakap goreng yang sudah matang. Setelah itu, siram dengan saus asam manis hingg merata. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat untuk menyantapnya beramai-ramai.
Baca Juga :  Resep Cwie Mie Khas Malang Ini Bisa Anda Praktikkan di Rumah

Sekarang, Anda sudah mengetahui resep kakap asam manis seperti yang dijual di restoran. Setelah matang, santaplah masakannya bersama seluruh keluarga karena ikannya cukup besar.

Lihat video membuat Kakap Asam Manis

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan