Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Buat Taiyaki, Kue Ikan Khas Jepang dengan Resep Ini

Buat Taiyaki, Kue Ikan Khas Jepang dengan Resep Ini

Taiyaki

Resep Taiyaki

Taiyaki atau juga banyak dikenal sebagai kue ikan adalah salah satu jajanan khas Jepang yang dapat ditemukan di Indonesia. Kue berbentuk lucu ini bisa dicari di deretan tempat jajan mall, tepi jalan, serta cafe. Taiyaki pun memiliki isian beraneka rasa. Mulai selai kacang, meises, selain cokelat, keju, kacang merah, dan lain sebagainya.

Meskipun khas Jepang, tapi Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentunya dengan mengikuti langkah-langkah membuatnya pada artikel ini.

Taiyaki adalah kue khas jepang yang memiliki bentuk seperti ikan. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan bertekstur empuk. Karena bentuknya yang menyerupai ikan (ikan kurisi) , maka makanan ini diberi nama Taiyaki.

Selain Jepang, Korea pun memiliki kue berbentuk ikan yang rasanya tidak kalah enak. Di Korea, kue ikan tersebut diberi nama Bungeo-ppang yang artinya adalah roti ikan mas. Kue ini hampir sama seperti wafel yang punya rasa manis serta legit karena diberi isi pasta kacang merah.

Baca Juga :  Resep Wedang Ronde (Minuman Beras Ketan Indonesia)

Cara buat Taiyaki dan Bungeo-ppang cukup unik, yakni memakai cetakan besi bentuk ikan mas saat pemanggangannya. Di Korea, kue ini banyak dijumpai saat musim dingin.

Konon resep Bungeo-ppang Korea asalnya dari Taiyaki Jepang yang dikembangkan di akhir abad 19. Namun ukuran dari Bungeoppang agak lebih kecil daripada Taiyaki.

Taiyaki ini cocok dibuat untuk sarapan ataupun bekal anak sekolah. Empuk, enak dan pastinya mengenyangkan.

Bahan-Bahan

  1. 250 gram tepung protein sedang
  2. 250 ml susu cair
  3. 130 gram gula pasir
  4. 10 gram SKM putih
  5. 10 gram tepung maizena
  6. 2 butir Telur utuh
  7. 1 sdm vanilla butter
  8. 1 sdt baking powder double acting
  9. 1/2 sdt soda kue
Baca Juga :  Resep Takoyaki Brulee Cemilan Yang Gurih

Bahan Isian

  1. Coklat atau meises
  2. Keju
  3. Red bean
  4. Selai kacang
  5. Lotus

Langkah-Langkah Pembuatan

  • Siapkan sebuah wadah, lalu campurkan semua bahan jadi satu, aduk merata. Tutup dengan cling wrap, kemudian diamkan sekitar 30 menit. Setelah 30 menit, aduk lagi adonan sampai rata.
  • Panaskan Taiyaki Maker, lalu setelah panas tuangkan 1 sdm adonan dan kemudian beri isian sesuai selera (bisa coklat, selai, keju, dan lainnya). Tuangkan lagi 1 sdm adonan sampai menutupi isian.
  • Kemudian, balikan langsung mesin Taiyaki dan diamkan selama sekitar 2 menit dan balik kembali sebentar saja. Buka mesin dan keluarkan Taiyaki yang sudah matang.

Tips Membuat Taiyaki

  • Anda bisa memakai Taiyaki Maker listrik supaya lebih praktis dan juga tidak kesulitan dalam mencetak dan memasaknya.

Begitulah resep Taiyaki khas Jepang, selamat mencoba dan berkreasi!

Lihat video membuat Taiyaki

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan